UniqMag

Stok Elpiji Melon Selama Ramadhan di Jember Aman?

berita terkini
llustrasi

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) – Stok elpiji (LPG) di Jember selama bulan Ramadhan dipastikan aman. PT Pertamina (Persero) wilayah kerja Rayon VII telah menambah stok LPG melon atau tabung LPG tabung 3 kilogram untuk rakyat miskin ini hingga 200 persen di Jember.

Penambahan stok ini untuk mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga selama bulan Ramadan.

Salah satu agen LPG di jember, HM. Satib mengatakan jika berdasarkan pengalaman tahun lalu, permintaan LPG 3 kilogram selama bulan Ramadhan mengalami peningkatan signifikan.

Peningkatan permintaan ini jika tidak diimbangi dengan penambahan stok dapat menyebabkan kenaikan, kondisi ini memberatkan masyarakat.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya memang selalu meningkat. Bahkan Pertamina pada bulan ramadan tahun ini telah menambah pasokan hingga 200 persen, dibandingkan hari biasanya, atau meningkat 36 persen dibanding Ramadhan tahun lalu,” kata Satib.

Masih menurut Satib, penambahan stok ini bertujuan untuk menstabilkan harga LPG 3kg, sehingga tidak lebih dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur sebesar Rp 16.000 per tabung .

“Dengan penambahan ini diharapkan untuk harga LPG tetap kondusif terjaga pada HET,” ujar Satib.

Sementara itu agar tidak terjadi penimbunan atau kelebihan stok, menurut Satib saat ini pihak Pertamina menerapkan sistem cashlist. “Untuk pangkalan yang akan minta (dikirim LPG) dari agen , pangkalan harus inden dulu. Dari sini agen akan mudah mendeteksi secara dini berapa kebutuhan di masyarakat,” jelasnya.

Berdasarkan rilis dari PT. Pertamina, tambahan pasokan tabung LPG 3 kilogram di wilayah eks Karesidenan Besuki dan Lumajang, total mencapai 347.600 tabung. Dengan rincian untuk Kabupaten Jember 121.920 tabung, Banyuwangi 104.160 tabung, Lumajang 55.440 tabung, Situbondo 34.720 tabung, dan Bondowoso 31.360 tabung.

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Wabup Kutim: Serapan Dana Desa 2018 Masih Rendah
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda