UniqMag

Harga Daging Ayam di Pasar Kayuagung OKI, Melambung

berita terkini
Petugas dari Dinas Perdagangan OKI saat melakukan sidak harga daging ayam di pasar Kayuangung.

OGAN KOMERING ILIR (suaraIndonesia.co.id) - Jelang bulan Ramadhan 2018, bisa dipastikan terjadi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok. Kenaikan ini tentu dikeluhkan pembeli dan pedagang, karena harus merogoh kocek lebih dalam. 

Seperti  hal nya di Pasar Pagi Kayuagung, harga ayam potong kini harganya melambung naik menjadi Rp42.000/kg dari harga tertinggi sebelumnya Rp38.000/kg. "Bahkan 1 bulan lalu harga ayam Rp 32.000/kg," ungkap Kepala Dinas Perdagangan OKI, Sudiyanto Djakfar.

Kenaikan harga itu berdasarkan hasil inspeksi mendadak yang dilakukan gabungan Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Tanamanan Pangan dan Holtikultura dan Dinas Kesehatan, Selasa (15/5) di Pasar Pagi Kayuagung. 

Dijelaskan Sudiyanto, salah satu penyebab harga ayam melambung karena saat ini sedang dilakukan pemeliharaan perkembangbiakan ayam di peternakan. "Hasil tinjauan tim, ayam-ayam di peternakan belum cukup umur untuk dijual sekarang. Diperkirakan bisa dijual dalam waktu 1-2 minggu ke depan," urainya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura OKI, Syarifudin menambahkan, mayoritas komoditi dipengaruhi inflasi atau kenaikan harga menjelang bulan puasa. Sesuai hukum ekonomi, bila permintaan pasar meningkat maka harga akan naik. 

"Secara umum kenaikan harganya masih sangat wajar, bahkan ada harga Sembako yang masih stabil. Tapi biasanya menjelang Ramadhan, akan berpengaruh terhadap psikologis pembeli," katanya sembari berharap masyarakat membeli kebutuhan pokok secukupnya dan pedagang tidak menimbun Sembako.

Inspeksi mendadak kemarin, Syarifudin membeli sejumlah dagangan warga untuk dijadikan sample dan uji lab. Ini untuk mengetahui ada tidaknya kandungan bahan berbahaya dan formalin yang membahayakan kesehatan si pengkonsumi. 

Sudiyanto dan Syarifudin menerangkan, inspeksi mendadak dilakukan dalam rangka melihat persiapan pasar menjelang Ramadhan, ketersediaan bahan pangan, lonjakan harga dan makanan berbaha berbahaya. "Bila ada hal yang mencurigakan tidak langsung dicegah tapi dibina sehingga tidak ada keresahan bagi pedagang. Tapi jika berulang ulang maka kami siap bertindak tegas," janjinya. 

Adapun harga terkini di Pasar Kayuagung kemarin yakni beras Rp 10.500/kg, cabai merah keriting Rp 40.000/kg, ayam potong Rp 42.000/kg, daging sapi Rp 140.000/kg, telur ayam ras Rp 23.000/kg. Harga harga ini dan kebutuhan pokok lainnya mengalami kenaikan signifikan namun masih di ambang kewajaran.

Reporter : Firman
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya PLh Bupati Pamekasan Mengukuhkan Timpora Tingkat Kecamatan Pemkab Sampang Pamekasan, dan Sumenep
Berita Selanjutnya Pemkab OKI 'Blacklist' Perusahaan Perencanaan Proyek Rumdin Bupati

Komentar Anda