UniqMag

Pemangku Adat Marga Haji OKU Selatan Segera Dikukuhkan

berita terkini
Suasana pelantikan pemangku adat marga Haji di aula Serbaguna Kecamatan Tiga Dihaji OKU Selatan

OKU SELATAN, ( suaraindonesia.co.id) - Para pemangku adat dan penyimbang adat Marga Haji dari 12 desa Suku Haji berkumpul, Selasa (15/5).

Mereka membahas rencana pelantikan dan pengukuhan pemangku adat marga haji. Turut hadir Ketua Pelaksana Pembina Adat Kabupaten OKU Selatan Hasan MK, dinas kebudayaan dan pariwisata, kapolsek, danramil, kepala desa dan seluruh pemangku adat marga haji.

Selain prosesi pelantikan pemangku adat diadakan juga rapat adat yang membahas beberapa rumusan mengenai pelestarian adat istiadat suku haji, kesenian, bahasa, pelestarian pusaka, dan lainnya.

Dalam rapat tersebut, para pemangku adat desa (anak taha bengampungan) mengusulkan agar kedepan adat istiadat dapat dilestarikan oleh generasi penerus supaya tidak dilupakan.

Apalagi semakin pesatnya perkembangan budaya baru (era digital) khususnya di Kabupaten OKU Selatan . Ketua pelaksana Pembina Adat OKU Selatan Hasan MK mengatakan, sangat mengapresiasi pertemuan pemangku adat suku haji tersebut.

Dia berpesan agar kedepan suku haji dapat berperan aktif dalam proses pembangunan Kabupaten OKU Selatan. "Kita tidak boleh dan jangan sampai melupakan adat istiadat, karena apabila adat kita hilang (lebon) maka sangat berpengaruh terhadap mental anak cucu kita nanti" ujar Hasan MK.

Terpisah Camat Tiga Dihaji Zainal Muhtadin mengaku, sangat berkesan dengan kegiatan adat tesebut dan akan selalu mendukung serta memfasilitasi setiap gagasan para pemangku adat. Menurut Zainali dalam setiap kegiatan di desa saat ini mulai dari acara persedekahan, penyampaian gelar atau adok, kesenian dan lainnya sudah tidak nampak lagi nuansa budaya hajinya.

"Kedepan kita akan giat melestarikan adat istiadat ini, akan realisasikan apa yang menjadi kesepakatan pemangku adat,dengan tujuan agar generasi muda (haji) dapat mengetahui lebih jauh dan ikut melestarikannya" pungkas Zainal.

Reporter : Sri Fitriyana
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya KPU Kutim Gelar Bimtek Distribusi Logistik Kepada PPK
Berita Selanjutnya Jalan berlobang di OKI Mengancam Keselamatan Pengguna Jalan

Komentar Anda