UniqMag

BPBD Banyuwangi, Relawan Gotong Royong Bantu Warga Bersihkan Sisa Banjir

berita terkini
Relawan dan petugas BPBD Jember Membantu Warga Membersihkan Sisa Banjir di Desa Alasmalang

Banyuwangi, (suaraindonesia.co.id)- Sejak selasa malam sampai Rabu siang ,seluruh elemen masyarakat bahu-membahu menanggulnagi bencana banjir di Dusun Garit, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh.

Pihak BPBD Banyuwangi dibantu oleh beberapa relawan dari Tagana, Mekom, Tim SAR,  aparat kepolisian, Koramil dan beberapa warga gotong royong membersihkan jalan sepanjang 200 meter dan masjid yang sudah tergenang lumpur sedalam sekitar 40 cm serta membersihkan gorong-gorong saluran air.

Menurut kepala pelaksana BPBD Banyuwangi, Fajar Suasana mengatakan bahwa BPDB beserta para relawan sudah turun ke lapangan sejak semalam ketika banjir sudah meluap deras dari Sungai Badeng

“Kami segera datang ke lokasi, berkoordinasi dengan rekan-rekan relawan untuk menghimbau warga agar waspada, setelah itu sesegera mungkin kami melakukan evakuasi lalu membersihkan material yang terbawa oleh arus banjir sejak semalam dibantu juga oleh warga disekitar sini," kata Fajar.

Fajar Suasana juga menambahkan bahwa Banjir yang terjadi di Dusun Garit ini diduga akibat dari longsor yang terjadi di lereng Gunung Raung beberapa waktu lalu, serta hujan yang terus mengguyur.

Selain itu penanggulangan juga dilakukan oleh rekan-rekan dari relawan Tagana. Koordinator Logistik Tagana  Banyuwangi Yoshua Sugiantoro , mengatakan pihaknya segera meluncur dan bergabung ke lokasi saat mendapatkan informasi terkait  bencana banjir yang menimpa Desa Alasmalang

“Sebanyak 40 relawan dari Tanaga yang membantu proses evakuasi dan pembersihan sisa-sisa material , dari selasa malam sampai siang ini kami terus berupaya membersihkan masjid dan jalan-jalan yang tergenang lumpur”

Sejak siang tadi dari pantauan dilokasi terlihat beberapa mobil tanki air dan damkar yang digunakan untuk membersihkan jalan raya dan masjid yang diselimuti lumpur pekat, beberapa petugas BPBD, relawan dan warga sekitar nampak bahu-membahu  menyemprotkan air serta mengeruk lumpur di sepanjang jalan dan halaman masjid guna membersihkan lumpur yang sudah mengendap sejak semalam.

“Pembersihan jalan dan masjid akan terus kami kebut agar lekas bersih, terutama pembersihan masjid yang utama,karena nanti malam masjid Ar-Royan ini akan dibuat untuk shalat tarawaih oleh penduduk dusun” terang Fajar Suasana.

Sementara itu dari pantauan suara indonesia melalui Yoshua Sugiantoro mengatakan bahwa sejak sore kondisi Jalan dan masjid di Dusun Garit sudah cukup bersih, untuk masjid sendiri nanti malam sudah bisa digunakan untuk tarawih.

“Kondisi di Dusun Garit Desa Alasmalang  sudah cukup kondusif dan terkendali” tutup Yoshua

Reporter : Windi Ashari
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Kapolres dan Dandim Pimpin Sidak Tempat Hiburan Malam di Jember
Berita Selanjutnya Dandim 1312/Talaud : Gotong royong membangun dalam keterbatasan di Perbatasan

Komentar Anda