UniqMag

DD di Kabupaten OKU Selatan Diduga Tertunda Pencairannya

berita terkini
Fermiadi haikal Kadin PMD

MUARADUA, (suaraindonesia.co.id) - Ratusan Desa dari 18 Kecamatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, hingga kini belum menerima kucuran Alokasi Dana Desa (DD) untuk Anggaran Tahun 2018.

Dana Desa yang diwacanakan akan dikucurkan dalam tiga tahap tersebut, namun baru beberapa desa yang dicairkan untuk tahap awal yakni 20%. Desa yang baru dicairkan oleh Pemerintah Kabupaten pada Rabu (16/05) adalah desa-desa di Kecamatan Pulau Beringin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Fermiadi Haikal melalui Kepala Bidang Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa Nidi Firdaus mengatakan, Dana Desa baru diterima Kecamatan Pulau Beringin, dan untuk 18 Kecamatan masih dalam proses. 

“Sementara ini kita masih konfirmasi dengan Kepala Bank Sumsel untuk mengetahui berapa desa yang mampu untuk dicairkan dalam satu hari, karena dari 19 Kecamatan di wilayah OKU Selatan masih ada beberapa desa dalam peroses pengajuan berkas,’’ ungkapnya.

Dikatakannya, dari 19 Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan sudah 18 Kecamatan yang sudah diajukan, namun dari 18 kecamatan ada beberapa desa memang dokumen Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) belum diserahkan.

"Maka untuk itu Dana Desa tahun 2018 tahap awal ini baru satu kecamatan yang bisa mengambil di bank, 18 kecamatan saat ini nota dinas sudah dinaikan ke BPKAD, untuk tahap pencairanya,’’ tegasnya.

Adapun untuk pencairan yang 20% tahap awal ini sendiri paling lambat Minggu ke tiga bulan Juni mendatang.

"Jadi kecamatan lainnya yang belum cair masih dalam peroses dan kami pastikan pencairan ini sendiri secara berurutan karena dalam jangka waktu dekat sudah cair semua," pungkasnya.

Reporter : Sri Fitriyana
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Pulau Seribu Masjid Siap Gelar Pesona Khazanah Ramadhan
Berita Selanjutnya Di Bulan Ramadhan, 40 Pengemis di Pamekasan Terjaring Razia

Komentar Anda