UniqMag

Penumpang KMP Labrita Adinda Dievakuasi ke KMP Karya Maritim II.

berita terkini
KMP Labrita saat terbakar di tengah selat Bali, asap hitam terlihat mengepul dari kapal.

BANYUWANGI, (suaraindonesia.co.id)- Puluhan penumpang itu  dievakuasi dengan perahu sekoci ke KMP Karya Maritim II. Sebagian kondisi penumpang tampak shock. Bahkan ada yang pingsan.

Kapolsek Pelabuhan dan Perairan Ketapang AKP Idham Khalid menjelaskan bahwa semua penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat. Mereka kini sudah menjalani perawatan intensif dari petugas medis. “Penumpangnya sekitar 25 orang, rata-rata mengalami shock," kata Kapolsek Idham.

Sekitar 25 penumpang yang berhasil dievakuasi dengan sekoci itu langsung diangkut ambulans menuju hotel terdekat di sekitar pelabuhan. Di tempat transit sementara itu, seluruh penumpang mendapatkan perawatan intensif.

Pemadaman juga berhasil  dilakukan oleh kapal tug boat pemadam milik pelabuhan. Api sudah tidak tampak menyala meski asap hitam masih mengepul dari atap dek lantai 2 KMP Labitra Adinda.

Api melalap dek lantai 2 KMP Labitra Adinda beberapa saat setelah berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang pukul 14.20  WIB. Asap hitam tampak membumbung dari atap kapal. Saat kali pertama melihat api mulai menyala dan membakar dek, penumpang dan anak buah kapal (ABK) sempat berteriak-teriak memberitahukan ada kebakaran. Sebagian penumpang tampak panik karena posisi kapal masih di tengah lautan.

Untungnya, cuaca di selat Bali sedang cerah. Kapal di sekitarnya langsung memberikan pertolongan. KMP Karya Maritim II memberikan pertolongan dengan mengevakuasi penumpang. Kapal tersebut juga menarik KMP Labitra Adinda ke tepi pantai Ketapang. Tujuannya untuk memudahkan evakuasi pemadaman kapal. Sembari ditarik ke pinggir pantai, tug boat pemadam kebakaran milik pelabuhan mengiringi di belakangnya.

Saksi mata Arie Hermawan menceritakan, api dan asap hitam mulai mengepul dari atap KMP Labitra Adinda setelah beberapa saat berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang. Saat kejadian, Arie yang merupakan seorang guide wisata tengah pulang dari drop tamu di Pelabuhan Gilimanuk. Pria asal Glenmore itu menumpang kapal lain yang beriringan dengan KMP Labitra Adinda. 

 “Saat kapal mulai terbakar, kapal saya juga sedang menyeberang menuju Ketapang,” tutur saksi mata yang sempat merekam kebakaran tersebut.

Sementara itu, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman terlihat memantau langsung di lapangan. Kapolres berada di pantai pesisir Ketapang saat proses pemadaman.

“Kapal berhasil dipinggirkan sehingga memudahkan proses pemadaman dan sudah dilakukan evakuasi seluruh penumpang,” kata kapolres.

Donny menerangkan, penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Setelah proses pemadaman akan diselidiki oleh petugas kepolisian. ABK akan dimintai keterangan lebih lanjut.(Surya Anto)

Reporter : Windi Ashari
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya PTT Nonakes RS Bergerak Bisui Halmahera Selatan Gigit Jari
Berita Selanjutnya Resort Wolrd Sentosa Tawari Pengunjung Melatih Dinosaurus atau Mengatasi Kejahatan Laut

Komentar Anda