UniqMag

101.625 Warga Banyuwangi dapat Kartu Keluarga Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai

berita terkini
Warga saat melakukan aktifasi KKS-BPNT di Desa Genteng Wetan Banyuwangi

BANYUWANGI, (suaraindonesia.co.id) -Tahun 2018 warga tidak mampu di Kabupaten Banyuwangi dipastikan tidak akan memerima subsidi Beras Sejahtera (Rasta) atau yang biasa disebut beras jatah oleh masyarakat. Sebagai penggantinya warga tak mampu akan mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan catatan harus menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari Kementrian Sosial (Kemenkos)

Menurut Kepala Dinas Sosial Banyuwangi Peni Handayani yang tampak di lokasi pembagian di Desa Genteng Wetan, menyampaikan bahwa pembagian dan aktivasi KKS dan BPNT nantinya akan serentak dilakukan di seluruh Kabupaten Banyuwangi

“Penerima KKS di Kabupaten Banyuwangi keseluruhan ada sekitar 101.626, untuk setiap penerima akan mendapat bantuan sebesar Rp.110.000 yang sudah didebit ke Kartu Keluarga Sehat, untuk saldonya nanti bisa ditukarkan dalam bentuk beras dan telur, jadi untuk pencairannya nanti bisa langsung ke Bungdes,”jelas Peni.

Peni Handayani juga berharap semoga bantuan ini tepat sasaran dan bisa membantu warga yang memang membutuhkan.

Sementara itu Jumat sore (18/05/2018) Sebanyak 1116 Warga Desa Genteng Wetan dan Desa Kembiritan mengantri di depan kantor Desa Genteng Wetan untuk mendapatkan  KKS sekaligus melakukan aktivasi. Terlihat penerima diantaranya adalah lansia.

Menurut Krisparwanto selaku Koordinator PKH Desa Genteng Wetan, agenda hari ini warga Desa Genteng Wetan dan Desa Kembiritan yang terdaftar dalam BPNT akan menerima pembagian kartu sekaligus melakukan aktivasi KKS.

 “Untuk jumlah penerimanya di Kecamatan Genteng ada sebanyak 2,933. Aktivasinya kami buat serentak dari pukul 14.00-17.00 WIB yang bertempat di Desa Genteng Wetan, totalnya ada sekitar 1116 penerima dari dua Desa tersebut,”jelas Krisparwanto.

 “Yang tidak hadir hari ini karena sakit nanti akan kami kunjungi kerumahnya, atau bisa saja nanti kami buat jadwal registrasi lanjutan bagi penerima yang belum hadir hari ini, agar pembagian ini nanti tersampaikan pada yang memang benar-benar membutuhkan,”lanjutnya.

Selanjutnya menurut Nurkolis selaku penanggung jawab harian Desa Genteng Wetan menjelaskan, penerima yang melakukan aktivasi hanya perlu membawa KK dan KTP.

“Kami sendiri dari pihak pemerintahan desa akan berusaha semaksimal mungkin, jika ada dokumen dari penerima yang kurang lengkap segera mungkim kami buatkan surat keterangan agar bisa segera melakukan aktivasi KKS,” kata Nurkolis.

Reporter : Windi Ashari
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya IKIP Mataram Senang Ikut Program Asuh
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda