UniqMag

Ijen Festival 2018, Pemkab Bondowoso Gelar Teknologi Pertanian

berita terkini
Plt.Sekda Bondowoso Karna Suswandi saat bersama sekda Trenggalek didampingi Forkopimda

BONDOWOSO, (suaraindonesia.co.id) – Dalam serangkaian ijen Festival tahun 2018 Pemkab Bondowoso melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) terus berupaya meningkatkan sektor pertanian, perkebunan dan kualitas ternak, melalui sentuhan teknologi terbaru yang dikemas dalam Gelar Teknologi Pertanian, di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Rabu (9/5).

Dalam kegiatan ini, berbagai varietas unggulan hasil teknologi terbaru ditunjukkan kepada Bupati, Plt Sekda Bondowoso, dan Sekda Kabupaten Trenggalek, sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas komoditi unggulan pertanian di Bondowoso.

Plt Sekda, Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan, kemajuan sektor pertanian sangat ditentukan oleh kemampuan adopsi dan inovasi teknologi masyarakat dan petani.

“Hal ini tidak bisa dipungkiri, karena melalui sentuhan teknologi pertanian, akan menghasilkan komoditi pertanian yang memiliki keunggulan kompetitif, maka sangat dibutuhkan petani-petani modern yang mandiri dan inovatif,” ujarnya.

Karna menambahkan, geltek ini merupakan media pembelajaran yang efektif bagi petani. Oleh karena itu dirinya berharap, hasil percontohan dan penerapan teknologi, yang dilakukan penyuluh bekerjasama dengan penyedia benih, pupuk dan pestisida ini, hendaknya diinformasikan kepada semua petani di Bondowoso.

“Segera informasikan seluas-luasnya kepada seluruh anggota kelompok tani di Kabupaten Bondowoso, agar dapat dijadikan referensi dalam upaya peningkatan produksi dan nilai tambah komoditi pertanian secara spesifik lokasi,” tambahnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Munandar mengatakan, Geltek kali ini merupakan agenda tahunan yang termasuk dalam kalender wisata Ijen Festival 2018.

Kendati demikian, makna dan tujuan digelarnya Geltek ini, menurut Munandar adalah, sebagai sarana untuk memperkenalkan berbagai macam varietas, padi, jagung, holtikultura, kopi, kakau dan peternakan yang berpotensi untuk dikembangkan di masyarakat.

“Kita ingin meningkatkan sektor pertanian dengan terus menggunakan teknologi terkini. Selain varietas, kami juga ingin menjalin kemitraan antara perusahan dan petani yang bergerak di bidang pertanian, seperti pupuk, obat-obatan dan alsintan, agar petani Bondowoso bisa sukses,” pungkasnya.

Reporter : Dedi Budiantoro
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Usai Hajatan, 7 Orang di Jember Dilarikan ke Puskesmas
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda