UniqMag

Sidak Timpora Kota Bontang Tak Temukan TKA, Diduga Ditunggangi Oknum Tertentu 

berita terkini
Sidak Komisi I DPRD bersama Timpora Kota Bontang, dilokasi pembangunan power plant PLTU Bontang Lestari

BONTANG (Suaraindonesia.co.id) - Sidak yang dilkukan Komisi I DPRD bersama Tim Pengawas Orang Asing ( Timpora) Kota Bontang, Disnaker Provinsi Kaltim, serta Kantor Imigrasi Samarinda ke lokasi pembangunan power plant Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kelurahan Bontang Lestari Senin (21/5/2018) menuai kekecewaan.

 

Pasalnya, saat rombongan tiba dilokasi, tak satupun Tenaga Kerja Asing (TKA) berada ditempat ataupun sedang bekeja. Bahkan mess yang diduga sebagai tempat penampungan TKA terlihat tak berpenghuni, yang terlihat hanya beberapa jemuran di depan mess

Komisi I DPRD menduga kuat TKA sengaja diliburkan, lantaran rencana sidak bocor. "Harapan kita bisa bertemu langsung dan memeriksa kelengkapan dokumen seluruh TKA yang bekerja disini," kata Agus Haris, Ketua Komisi I DPRD Bontang.

Selain tidak ditemukannya TKA dilokasi,  beberapa subkontraktor yang diduga mempekerjakan TKA juga tidak terlihat. Praktis hanya PT D&C yang bersedia menemui rombongan sidak.

Namun saat dimintai keterangan, Manager Cosnstruction PT D&C Engineer Company, Sigit Wibowo beralasan 12 TKA yang dipekerjakannya sedang libur kerja.

"Kebetulan 12 TKA yang kami pekerjakan disini sedang libur, posisi mereka saat ini berada di mess Perumahan Pesona Bukit Sintuk Bontang," ujar Sigit.

Diketahui, data dari Kantor Imigrasi Samarinda menyebutkan jumlah orang asing yang ada diproyek tersebut sebanyak 27 orang. Sedangkan data yang dihimpun Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Bontang berjumlah 12 orang.

"Data dari sistem kami menyebutkan ada 27 orang asing di proyek ini, 12 diantaranya memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS), sisanya hanya Izin Kunjungan," tutur Slamet Sutarno, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Samarinda.

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Disdukcapil Kutai Timur Terus Genjot Pencetakan KTP-el, Cetak KIA Sementara di Stop 
Berita Selanjutnya Wiyono Nekat Bunuh Diri Diduga Terkait Kasus yang Saat Ini Diperiksa Kejari Malang

Komentar Anda