UniqMag

Bupati Ismunandar Resmikan Pasar Landasan di Kecamatan Muara Wahau, Kutai Timur

berita terkini
Bupati Ismunandar saat menandatangi prasasti peresmian pasar landasan

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) -  Usai meresmikan Balai Adat di desa Marga Mulia, kecamatan Kongbeng, Bupati Kutai Timur (Kutim), Kaltim, H Ismunandar juga meresmikan Pasar Landasan di kecamatan Muara Wahau. Kegiatan ini sekaligus rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) bupati Kongbeng dan Wahau, pada Sabtu (19/5/2018).

Peresmian pasar Landasan itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Ismunandar didampingi Wabup Kasmidi Bulang, Wakil Ketua DPRD Hj Encek UR Firgasih, anggota DPR RI Hj Kasriyah, Kadisperindag Edward Azran, dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peninjauan petak pasar.

Selain itu, juga nampak sejumlah Kepala SKPD, pejabat lingkup Pemkab Kutim, Camat Muara Wahau Orang Ajang dan istri, Camat Kongbeng Furkani dan istri, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan undangan serta masyarakat maupun pedaganga setempat.

Sebelum acara peresmian diawali dengan penampilan tari-tarian dari pelajar di kecamatan Muara Wahau. Pasar yang lokasinya di pinggir jalan poros Muara Wahau - Kongbeng cukup strategis dan mendapat sambutan antusias masyarakat.

“Pasar landasan kecamatan Muara Wahau ini dibangun melaui APBD Kutim tahun 2016 lalu. Dengan dibangunnya pasar ini, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” terang Ismunandar.

Selain itu Bupati Ismunandar juga mengatakan, pasar ini dibangun dariDana Alokasi Khusus (DAK) diharapkan Kecamatan Muara Wahau jadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

“Di Muara Wahau ini sudah sama dengan Sangatta, hidup 24 jam. Di sini sebagai kota dinamis dan ini sebagai ciri-ciri daerah berkembang,” tambahnya.

Menurut Ismunandar, tahun 2008 lalu, perputaran uang di Muara Wahau sudah capai sekitar Rp 10 miliar. Sekarang mungkin sudah dua kali lipat perputaran uangnya. "Waktu itu saya meresmikam BRI cabang Berau,"kata Ismunandar.

Menurutnya, pasar adalah tempat pedagang. Pemkab tidak akan mengeluarkan toko modern, sehingga sembako masyarakat bisa laku dengan baik. Kebijakan ini diambil, agar perekonomian masyarakat bisa hidup dan berkembang dengan baik.

Sementara itu, Kadisperindag Kutim, HM Edward Azran mengatakan, pasar Landasan Muara Wahau ini dibangun atas usulan masyarakat. Ada sekitar 14 los yang dibangun pemerintah sekarang ini. Antara lain terdapat lapak sayur 200, daging 5 lapak, baju 7 lapak, sembako 5 lapak.

Camat Muara Wahau Irang Ajang berharao pasar Landasan ini banyak peminatnya dari masayarakat. Untuk sementara baru 50 pedagang yang bisa tertampung.

Dengan lahan sekitar satu hektare, diharapkan nanti bisa dibangun lagi. Sehingga pedagang yang ditampung bisa lebih banyak lagi.  "Kami berharap, pasar ini nantinya bukan lagi pasar desa, tapi bisa jadi pasar Induk Muara Wahau,"kata Irang Ajang. (Advetorial

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Sidak Timpora Kota Bontang Tak Temukan TKA, Diduga Ditunggangi Oknum Tertentu 
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda