UniqMag

48.526 Siswa Memilih Universitas Jember pada SBMPTN 2018

berita terkini
Ujian SBMPTN di Universitas Jember

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Jumlah siswa di Indonesia yang menjadikan Universitas Jember sebagai pilihan dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), tercatat ada 48.526 siswa yang memilih kuliah di Universitas Jember. Sementara pada SBMPTN 2017 ada 40.598 siswa, dan pada SBMPTN 2016 Kampus Tegalboto dipilih oleh 38.569 siswa dari seluruh penjuru nusantara.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember di kampus Tegalboto (22/5).

“Peningkatan jumlah siswa yang memilih Universitas Jember melalui SBMPTN ini menunjukkan bahwa kampus Tegalboto sudah menjadi salah satu kampus pilihan bagi siswa di Indonesia,”jelas Zulfikar.

Dari asal provinsi siswa yang memilih Universitas Jember, Provinsi Jawa Timur masih mendominasi dengan 42.238 siswa, disusul siswa dari Provinsi Jawa Tengah sebanyak 1.223 orang, dan 1.172 siswa dari Provinsi Jawa Barat.

“Yang menarik siswa dari Sumatera Utara juga mulai menjadikan Kampus Tegalboto sebagai tempat menuntut ilmu dengan jumlah siswa yang mendaftar ke Universitas Jember sebanyak 721 siswanya, disusul  Provinsi DKI Jakarta berada di posisi kelima dengan jumlah 502 siswa,” kata Zulfikar lagi.

Sementara itu proses ujian SBMPTN yang dilakukan di Panitia Lokal 58 Jember pada tanggal 8 Mei 2018 lalu telah berjalan dengan sukses. Saat ini proses SBMPTN memasuki tahapan pemeriksaan dan koreksi lembar jawaban ujian, untuk kemudian hasilnya akan diumumkan pada hari Selasa, tanggal 3 Juli 2018 nanti.

“Secara umum ujian SBMPTN di Panlok 58 Jember berjalan lancar tanpa gangguan yang berarti. Hanya saja untuk ujian jam pertama yakni TKD Saintek ada 355 peserta yang absen, kemudian pada jam kedua yang mengujikan materi TKPA ada 588 peserta absen, dan di mata uji TKD Soshum di jam terakhir ada 381 peserta yang absen,” imbuhnya. Universitas Jember sendiri rencananya akan menerima 3.112 calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN 2018.

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya BI Jember Siapkan Uang Tukar Hari Raya Rp 7,2 Triliun
Berita Selanjutnya Perusahaan Alih Daya Bantah Potong Gaji Sekuriti Lippo Plaza

Komentar Anda