UniqMag

Pastikan Sembako yang Beredar di Masyarakat NTB Aman

berita terkini
Dinas Perdagangan bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan melakukan sidak salah satu distributor makanan di Mataram

MATARAM,(suaraindonesia.co.id) - Guna memastikan stok sembako di Nusa Tenggara Barat aman dari bahaan berbahaya serta bebas kadaluarsa, Dinas Perdagangan beserta Balai Pengawas Obat Dan Makanan Provinsi Nusa Tenggara Barat, sidak ke sejumlah distributor bahan makanan di Mataram.

Kepala Dinas Perdagangan NTB Putu Selly Andayani, melihat langsung kondisi gudang dan persediaan sembako seperti beras, gula, tepung, minyak goring, dan produk makanan lainnya.

Dari hasil inspeksi mendakak yang dilakukan, Dinas Perdagangan berserta Balai Besar Pom,menemukan dua distributor penyimpanan makanan yang tidak layak.

“Dua gudang lokasi penyimanan makanan milik distributor tidak layak,” ungkapnya

Selly menegaskan, dalam bulan ramadhan dan menjelang idul fitri, stok bahan makanan harus benar-benar bebas dari bahan berbahaya dan kadaluarsa.

“Kami menjaga konsumen supaya tidak mengkomsumsi makanan yang berbahaya,” jelasnya

Kepala Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan, Ni Gusti Ayu Nengah Suarningsih,  menemukan dua distributor ini masih jauh dari kata layak sebagai tempat penyimpanan makanan.

“Tadi ada beberapa beberpa produk dari sisi penyimpanan bergabun dengan produk lain seperti sabun. Jangan sampai makan tersebut berbau sabun,” ujarnya.

Kegiatan itu menurut dia, akan terus dilakukan untuk memastikan kebutuhan makanan untuk masyarakat, benar-benar higienis dan bebas dari kandungan bahan-bahan berbahaya.


Terhadap distirbutor yang penyimpanannya tidak layak, BBPOM masih memberikan keringanan dengan memperpaiki tempat tesebut, namun apabila tidak diindahkan akan diberikan sanksi berupa pencabutan izin.

“Kalau tidak maka akan kami beri peringatan keras, dan melalui dinas perdadangan SIUPnya akan ditinjau kembali apakah dicabut atau tidak,” tegasnya.

Reporter : Lukmanul Hakim
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya DLH OKU Selatan Bentuk Tim Khusus Atasi Volume Sampah
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda