UniqMag

Kades se-Talaud Ikuti Sosialisasi Pedoman Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa

berita terkini
Plt Bupati Talaud saat membuka sosialisasi pedoman pengelolaan keuangan dan aset desa

TALAUD,(suaraindonesia.co.id) - Ratusan kades dan sekretaris desa se Kabupaten Kepulauan Talaud mengikuti sosialisasi Pedoman Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa yang digelar Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD ) Kepulauan Talaud,Selasa (22/05/2018).

Kepala BPKAD Gustaf Atang mengatakan, sosialisasi pengelola keuangan desa ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada kepala desa dalam mengelola keuangan di desa.

" Pengelolaan keuangan dan aset desa semakin penting  manakala pemerintah pusat telah mengalokasikan dana desa dan ADD dari pemerintah daerah ke 142 desa,"jelas Atang.

Plt Bupati Talaud Petrus Simon Tuange mengatakan, ada cukup besar uang yang masuk ke kabupaten Kepulauan Talaud. Dana tersebut untuk mendongkrak  pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang ada di 142 desa di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dana yang dianggarkan pemerintah pusat  lewat dana desa besarnya mencapai mencapai Rp 98 M lebih. Untuk memenuhi perintah undang-undang kata bupati, pemerintah daerah wajib hukumnya  mengalokasikan  10 persen dana dari APBD kabupaten yang dialokasikan ke  desa untuk mensupport pembangunan di desa.

"Karena itu merupakan perintah UU,maka pemerintah daerah wajib memenuhi itu. Sehingga untuk APBD 2018 pemdakab Kepulauan Talaud telah mengalokasikan Dana Desa (ADD) sebesar 10 persen  sebesar Rp 50 Miliar lebih yang dibagikan ke 142 desa yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Talaud,"ungkap Tuange

Dari jumlah dana transfer dan alokasi dana desa yang masuk bila dibagi  ke-142 desa ini, maka setiap desa mengelolah dana sebesar Rp 1,1 miliar. ''Dana ini cukup besar sehingga perlu adanya pengelolaan yang baik,transparan dan akuntabel oleh kades dan perangkatnnya serta pengawasan yang melibatkan seluruh masyarakat,''katanya.

Reporter : Marwan Pakaya
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Polda Kaltim Tetapkan Tersangka Baru Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda