UniqMag

Gedung Pemuda OKI Jadi Kantor Media Lokal, Disoal

berita terkini
Gedung Pemuda Kabupaten OKI yang dialihfungsikan sebagai kantor media lokal setempat.

OGAN KOMERING ILIR(Suara Indonesia.co.id) - Pemuda di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tampaknya mati suri. Terlihat bangunan gedung Pemuda sangat memprihatinkan tidak ada aktivitas. Gedung megah tersebut sekarang dialih fungsikan menjadi kantor perusahaan media harian lokal, Rabu (23/5).

Sekjen KNPI OKI H Nurmuin saat dikonfirmasi terkait alih fungsi gedung, berdalih jika pihaknya belum bisa melaksanakankegiatan organisasi karena masa berakhirnya kepengurusan KNPI telah lama berakhir. Sementara pengurus KNPI Provinsi Sumatera Selatan belum memberi petunjuk untuk melaksanakan musyawarah daerah (Musda) OKI. KNPI OKI sebelumnya pernah membentuk kepanitiaan, namun Musda gagal terlaksana. 

"Kita tidak bisa melaksanakan kegiatan karena masa jabatan sudah habis jadi saat ini vakum belum ada kegiatan," kata Nurmuin. Nurmuin mengaku kendalanya juga ada pada anggaran, sehingga Musda tak digelar. 

 "Kalau terkait alih fungsi gedung silahkan tanya ke Dispora karena itu bukan wewenang pemuda," tutur Nurmuin.

Terpisah Plt Bupati OKI HM Rifai  ketika ditanya terkait alih fungsi bangunan pemerintah gedung pemuda menjadi tempat kantor perusahaan media harian lokal, dirinya belum mengetahuinya. 

"Saya belum tahu perusahaan media apa, nanti akan saya tanya kebagian aset dan kehumasan ada apa ini," ujar Rifai.

Sementara itu, Wakil Ketua Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) M Ali Musa didampingi Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga JPKP Dul Baki, menyayangkan hal itu terjadi, karena banyak gedung yang dibangun pemerintah yang terbengkalai sehingga dialih fungsikan.

"Itukan perusahaan mengapa bisa  pinjam pakai gedung pemerintah ada apa ini," tegas Ali Musa yang meminta pemerintah harus bijak.

Seperti halnya gedung yang bertahun-tahun dikuasai oleh perusahaan media lokasi Kelurahan Sukadana hingga kini menjadi apa.

Ditambahkan Dul Baki, banyak organisasi dibawah KNPI maupun organisasi sosial lainnya. "Ini adalah temuan, ada apa pemerintah dengan perusahaan media rersebut pasti ada yang menguntungkan diri sendiri dari persoalan alih fungsi bangunan ini," tandasnya.

Reporter : Firman
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Pelipatan Kertas Suara Pilgub di Jember Dijaga Polisi Bersenjata Lengkap
Berita Selanjutnya Herlang: Pemuda Kutim Harus Melestarikan Seni dan Budaya

Komentar Anda