UniqMag

Jual 578 Pres Rokok, Pria di Jember Ditangkap Polisi

berita terkini
Barang bukti ribuan pak rokok ilegal tanpa cukai yang berhasil diamankan Polres Jember.

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)-  Ratusan pres rokok illegal berhasil diamankan polisi. Barang bukti rokok tersebut diamankan dari seorang penjual rokok tanpa cukai yang masih berani untuk menjajakan dagangannya.

Tersangka penjual rokok illegal tersebut bernama Maddillah,40 warga Dusun Jatian, Desa Pondokdalem, Kecamatan Semboro. Dari tangan tesangka, petugas mendapatkan 500 pres lebih rokok tanpa cukai, yang terdiri dari 10 macam merek.

“Polres Jember berhasil mengamankan seorang Warga Semboro, yang telah menjual rokok tanpa cukai. Tersangka telah menjual rokok tersebut selama 3 sampai 4 bulanan ini,” ujar Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat rilis di Mapolres Jember, Kamis pagi (24/5).

Tersangka lanjut Kusworo, menjajakan dagangannya secara langsung dengan mendatangi tiap-tiap warung untuk membeli dan menjual kepada masyarakat. Tersangka berkeliling menjajakan rokok illegal daganganya tersebut dengan mengendarai sepeda motor.

“Rokoknya ditempatkan dibelakang motor, dan atas informasi dari masyarakat, kasus tersebut langsung didalami oleh Polsek Semboro. Kemudian dilakukan pengembangan sampai di rumah tersangka, yang didalamnya terdapat 578 pres rokok tanpa cukai,” ulasnya.

Dari pengakuan, tersangka mendapatkan rokok tanpa cukai tersebut, dari 3 orang. Selanjutnya Polres Jember masih melakukan pendalaman kasus, berkoordinasi dengan pihak Direktorat Jendral Bea dan Cukai Kanwil Jawa Timur.

Barang bukti rokok tanpa cukai yang didapatkan dari tersangka, terdiri dari berbagai macam merek. Diantaranya Robicon 400 pres, CBR Tali Agung 50 pres, Luxio 35 pres, Marqo 32 pres, SMD 24 pres, Inter Premium 13 pres, Grand Premium 8 pres, ST Premium 6 pres, YS Promild 8 pres, dan Blod 2 pres.

Akibat perbuatannya berjualan rokok tanpa cukai , tersangka terancam dengan UU Nomor 39 tahun 2007, tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 1995 tentang cukai. “Dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tegasnya.

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Hore! Tajjudin Tahanan Kabur Saat Sidang di PN Jember Berhasil Ditangkap
Berita Selanjutnya Herlang: Pemuda Kutim Harus Melestarikan Seni dan Budaya

Komentar Anda