UniqMag

Ini Pesan Plh Bupati Talaud saat Gebyar Paud 2018

berita terkini
anak-anak usia dini saat mengikuti serangkaian lomba dan lomba di pendapa bupati Talaud

TALAUD,(suaraindonesia.co.id) -  Ikatan Guru Taman Kanak - Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Talaud  dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ( Disdikpora ) menggelar gebyar Paud  2018,Kamis (24/05/2018).

Gebyar yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional bertemakan itu diikuti ratusan anak didik Paud, baik tingkat Taman Kanak - Kanak ( TK ) mapun tingkat Kelompok Bermain  ( KB ) dari 10 kecamatan.

Ketua IGTKI PGRI Martha Aomol mengungkapkan, setiap anak yang terlahir memiliki keunikan dan kecerdasannya masing - masing dengan bekal kreatifitas dan kemandirian yang luar biasa. Akan tetapi seringkali orang tua dan tenaga  pendidik  kurang memperhatikan dan memotivasi, dan  bahkan sering mengendorkan  kreatifitas dan kemandirian anak.

"  Contoh sederhana misalnya saat anak sudah memegang alat tulis. Lalu tanpa sepengetahuan orang tua  dia mencoret - coret tembok rumah. Maka yang terjadi biasanya mereka dimarahi dengan alasan kebersihan dan keindahan. Padahal semestinya orang tua mengapresiasi apapun dan bagaiamana karya anak dengan memberikan fasilitas, serta memotivasi mereka untuk berkembang. Sebab kegiatan di Paud pada prinsipnya adalah bermain sambil belajar," jelas Aomol.

"Adapun lomba yang dilaksanakan dalam Gebyar PAUD 2018 ini diantaranya fashion show tingkat KB, menggambar bebas tingkat TK, koor gabungan paud KB dan TK, dan lari pindah balok tingkat  TK. Dengan jumlah total anak didik Paud di Talaud sebanyak 3.683 orang dari yang tersebar di 4 TK Negeri, 89 TK Swasta, 3 Raudhatul Aftal dan 105 Kelompok Bermain,"tambahnya

Plt  Bupati Petrus Simon Tuange diwakili asisten tata pemerintahan sekda Alex Sahadula melalui sambutan tertulisnya mengatakan, momentum gebyar paud sangat penting sebagai bagian dari upaya  untuk  membina anak usia dini terhadap pemberian rangsangan  pendidikan dan mengembangkan potensi diri dalam keselarasan dan keberagaman yang mengekspresi jiwa mereka.

" Tadi disampaikan ketua panitia bahwa yang terbaik pada gebyar ini akan mewakili Talaud pada tingkat nasional di Jakarta. Karena itu saya berharap agar juri  dan panitia  dapat betul - betul  profesional dan objektif dalam menilai dan menentukan hasil," katanya.

 Tuange berharap kegiatan yang sama dapat terus dilakukan secara berjenjang  dalam mengembangkan minat dan bakat anak - anak berdasarkan potensi yang dimilikinya.

Reporter : Marwan Pakaya
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Safari Ramadhan, Plh Bupati Pamekasan Himbau Jajarannya untuk Ikuti Aturan
Berita Selanjutnya Herlang: Pemuda Kutim Harus Melestarikan Seni dan Budaya

Komentar Anda