UniqMag

Hati-hati Uang Palsu Beredar Jelang Lebaran !

berita terkini
Barang bukti upal yang pernah diamankan oleh jajaran Polres Jember

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) - Menjelang Lebaran, Kantor perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember bersama Polres terus memantau dan mengantisipasi peredaran uang palsu (upal) di masyarakat. Ada dua hal dilakukan baik secara pre-emtif dan preventif.

Saat ini para pelaku pemalsuan uang cenderung memalsukan uang dengan nominal lebih kecil, masyarakat juga dihimbau untuk lebih berhati-hati dan memperhatikan dengan selalu menerapkan 3D (dilihat, diraba, dan diterawang).

Kepala KPwBI jember Hestu Wibowo menyampaikan, segala upaya untuk mencegah peredaran upal tersebut, sudah dilakukan bersama kepolisian hingga penindakan tegas secara hukum.

“Pihak kepolisian yang berkoordinasi dengan kita, juga melakukan upaya memerangi dan menindak tegas, terkait peredaran uan palsu tersebut,” kata Hestu, Sabtu (26/5)

Pihak BI juga tidak henti-hentinya selalu melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar memahami ciri-ciri dari uang palsu tersebut. Yakni dengan selalu menerapkan dilihat, diraba, dan diterawang.

“Itu penting, untuk mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah. Yakni jargon 3D itu selalu kita dengungkan. Sehingga jika sudah terbiasa, maka masyarakat akan lebih peka jika menerima uang palsu,” ungkapnya.

“Apabila masyarakat juga menemukan adanya uang palsu, hendaknya menolak atau langsung melaporkan ke pihak berwajib,” sambungnya. Sehingga bisa segera ditangani dengan cepat.

Pihak BI Jember sendiri belum bisa menyampaikan data peredaran uang palsu yang berhasil diamankan selama awal tahun 2018 ini, namun Hestu memastikan terjadi penurunan cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Lebih jauh Hestu juga menyampaikan, terkait beberapa waktu sebelumnya terjadi peredaran uang palsu dengan nominal lebih kecil, pihaknya juga menghimbau untuk lebih berhati-hati.

“Saat ini beredar upal dengan nominal lebih kecil, artinya masyarakat harus lebih berhati-hati. Bahkan jika melakukan penukaran uang, juga jangan ditempat-tempat yang rawan. Lakukan penukaran uang di bank-bank yang resmi,” pungkasnya

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Stok BBM Lebaran 2018 Aman
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda