UniqMag

Potensi Wisata Heritage Jember Layak Dijadikan Unggulan

berita terkini
Ketua DPD Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Nita Krisdiantanti

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) – Potensi pariwisata Jember dinilai mempunyai potensi luar biasa. Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPD Insan Pariwisata Indonesia (IPI)Nita Krisdiantanti. “Jember ini mempunyai potensi wisata luar biasa,”kata Nita Minggu (27/).

Karena itu menurut Nita pihaknya selaku Insan Pariwisata Indonesia berkewajiban untuk mengenalkan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Jember agar lebih dikenal di dunia luar.

 “Untuk itulah kami sebagai insan pariwisata yang tergabung dalam IPI termotivasi untuk lebih membantu memperkenalkan potensi wisata Jember agar lebih dikenal di dunia luar,”katanya.

“Terus terang meski kita sebagai insan pariwisata belum mengenal  atau kurang paham dengan destinasi wisata di Jember,”lanjut Nita.

Meski demikian berdasarkan pengamatan Nita, potensi wisata di Jember yang layak diunggulkan adalah wisata heritage. “Menurut kami (IPI) potensi wisata heritage yang akan kita unggulkan. Karena masing-masing daerah mempunyai masing-masing. Kami lihat di Jember mempunyai potensi yang tidak dimiliki daerah lain adalah cerutu disamping batik,”jelasnya.

“Kelas (sasaran wisatawan) yang kami lihat di sini (wisata Jember) adalah eksekutif menengah keatas. Jadi tugas kami untuk menjual (potensi wisata) Jember dengan heritage tersebut yang akan kita jual ke luar,”lanjut Nita.

Sementara itu senada dengan Nita, salah satu pengurus IPI Luqni Maulana, potensi wisata Jember mempunyai kemiripan karakteristik dengan Kabupaten Temanggung. “Sebenarnya destinasi wisata di kota-kota di Jawa ini mempunyai karakteristik yang sama. Contohnya Surabaya sama dengan Jakarta, Malang sama seperti di Bandung, Yogya sama kayak di Bali,”katanya.

“Sedangkan di Jember sendiri sama kayak di Temanggung. Kenapa dengan Temanggung? Kenapa wisatawan di Temanggung ramai karena Temanggung mengembangkan obyek wisata tembakau,”ujar Luqni.

Luqni juga mencontohkan para pelaku wisata di Jawa Tengah dan Yogya selama ini telah membuat paket wisata dengan menempatkan Temanggung sebagai salah satu destinasi wisatanya.

“Di Temanggung juga ada pabrik cerutu dan sebagainya. Jadi kalau dibuat paket wisata summer bisa laku. Jadi habis dari  Yogya ke Magelang kemudian ke Dieng dan turunnya ke Temanggung, danitu memang spesifikasi khusus, ”jelasnya.

“Maka kami (IPI) hadir untuk melakukan clusterisasi  berdasarkan karakteristik daerah tersebut. Kita plot (destinasi wisata) mana yang umum, regular, VIP dan sebagainya. Jadi kalau untuk destinasi wisata ecotourisme dan heritage kita punya pangsa pasar sendiri,”kata Luqni.

Masih menurut Luqni, untuk itulah Insan Pariwisata Indonesia hadir untung menggabungkan karakter seperti yang telah ada di Kabupaten Temanggung.

“IPI disini hadir untuk menggabungkan wisata lokal sesuai dengan karanteristiknya. Jember kalau tidak disatukan seperti Temanggung tidak akan muncul kepermukaan. Bisa juga yang dimunculkan adalah (wisata berbasis) tembakau dan kopi seperti di Temanggung tembakau dan teh”pungkasnya.

 

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Masyarakat Banyuwangi Gelar Aksi Tolak Terorisme dan Radikalisme
Berita Selanjutnya Polsek Pedamaran Timur OKI, Amankan Dua Tersangka Curas

Komentar Anda