UniqMag

Anak Mantan Bupati Jember Dipindah ke Lapas Jember

berita terkini
Diponegoro (baju merah) saat memasuki pintu penjara Lapas Kelas 2 Jember, Kamis malam (31/5).

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Diponegoro terpidana kasus korupsi anggaran hibah Askab PSSI Jember  dipindahkan ke Lapas kelas 2 Jember Kamis malam, (31/5)

Pemindahan terpidana tersebut menurut Kalapas Jember, Sarju Wibowo sebagai bentuk pelaksanaan keputusan majelis hakim Pengadilan Tipikor  Surabaya oleh Kejari Jember.

“Pemindahan ini (terpidana) pelaksanaan keputusan (majelis hakim) (oleh) jaksa dari Jember,” katanya.

“Putusan (majelis hakim) satu tahun. Dia (Diponegoro) Insyallah menjalani hukuman di Lapas Jember. Dari informasi saya lihat di data sudah menjalani empat bulan sehingga kurang tujuh sampai delapan bulan lagi,”lanjut Sarju.

Diponegoro sendiri akan menjalani proses sama seperti narapidana lainnya. Dipo harus mendekam di sel masa pengenalan lingkungan (mapenalaing) selama 7 hari.

“ Biasa tetep masuk mapenaling. Prosesnya tetap biasa sesuai protap yang ada,”kata Sarju Wibowo.

Dipo juga terancam akan menjalani tambahan hukuman subsider karena denda yang ditetapkan hakim sebesar Rp 50 juta belum dibayarkan.

“Iya ada denda sebesar Rp 50 juta ini belum dibayarkan, ya otomatis nanti subsidernya dijalankan,” pungkas Sarju Wibowo.

Diponegoro mantan ketua Askab PSSI Jember divonis oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya hukuman penjara selama 1 tahun dan denda Rp 50 juta, Selasa (3/4).

Putusan majelis hakim ini lebih ringan dari pada tuntutan jaksa penuntut umum 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 50 juta.

Selain telah menjalani hukuman selama empat bulan di sel tahanan Kejaksaan Tinggi Surabaya, terpidana Diponegoro juga telah membayarkan kerugian negara sebesar Rp 2,6 miliar kepada Kejari Jember pada  15 Maret 2018 lalu.  

 

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Izzul Siapkan Bale Kreatif untuk Anak Muda Lombok Barat
Berita Selanjutnya Herlang: Pemuda Kutim Harus Melestarikan Seni dan Budaya

Komentar Anda