UniqMag

Gelar Malam Refleksi Pancasila, Ratusan Mahasiswa Balikpapan Sampaikan 6 Sikap Politik

berita terkini
Kegiatan Malam Refleksi Pancasila di Taman Tiga Generasi, Balikpapan Selatan.

BALIKPAPAN, (suaraindonesia.co.id) - Ratusan mahasiswa dari sejumlah organisasi di Kota Balikpapan menggelar kegiatan Malam Refleksi Pancasila, Jumat (1/6) malam. Kegiatan bertemakan "Pancasila Masih Tetap Ideologi Bangsa, dan Bukan Hanya Sebatas Kata" ini digelar di Taman Tiga Generasi, Balikpapan Selatan. 

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan, mulai dari baca puisi, orasi kebangsaan, teatrikal, refleksi dan diskusi serta deklarasi sebagai sikap politik para mahasiswa di malam 1 Juni tersebut. 

Di kegiatan itu, hadir pula Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Piatur Pangaribuan. Dirinya hadir memberikan orasi kebangsaaan dan juga sebagai salah satu pembicara dalam refleksi bersama para perwakilan organisasi yang tergabung. 

"Kegiatan ini bagian dari langkah untuk merawat ingatan. Selain itu, juga untuk menegaskan kembali semangat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, di tengah-tengah ancaman deideologisasi Pancasila, di tengah-tengah situasi kamtibmas dan situasi politik saat ini. Bahwa, persatuan dan kesatuan bangsa harus kita jaga bersama, dan pemerintah harus menjamin kesejahteraan rakyatnya," jelas Koordinator Pelaksana Malam Refleksi Pancasila Yosep Wahyudi Sitanggang. 

Dalam deklarasinya, para mahasiswa menyampaikan 6 hal sebagai sikap politiknya. Pertama, menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antar umat beragama, suku dan ras dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Kedua, kami menolak segala bentuk penindasan manusia atas manusia dan bangsa atas bangsa. Kemudian kami mendesak kepada pemerintah untuk mewujudkan sistem perekonomian yang berlandaskan ekonomi kerakyatan. Keempat, kami menolak segala bentuk komersialisasi pendidikan. Lima, kami mendesak pemerintah untuk mewujudkan hukum yang berkeadilan," imbuhnya. 

Yang terakhir, para mahasiswa mendesak pemerintah untuk mewujudkan negara yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam berkebudayaan dengan selalu mengedepankan nilai-nilai keadilan. 

Kegiatan ini berakhir sekira pukul 02.00 Wita, Sabtu (2/6) dinihari. 

Adapun organisasi yang terlibat dalam malam refleksi ini adalah GMNI, PMII, GMKI, HMI, HMPS Hukum Uniba, HMTP STT Migas, HMTPM STT Migas, HMTIEM STT Migas, BEM STAI Balikpapan, Balikpapan Barat Menolong (BBM), Himpunan Mahasiswa Bontang (HMB) Cabang Balikpapan.

Reporter : Ariyansah
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Begini Cara Pojok Baca Muaradua OKU Selatan Latih Kreativitas Anak
Berita Selanjutnya Diduga Arus Pendek, Dua Rumah di Kuantan Singingi Ludes Terbakar

Komentar Anda