UniqMag

Nuansa Adat Jawa Warnai Wisuda SD Tegaldowo, Bantul

berita terkini
Para guru dan siswa SD Tegaldowo, Bantul yang memakai busana adat jawa saat wisuda

BANTUL (suaraindonesia.co.id) - Ada nuansa yang berbeda pada Senin sore (4/6) di SD Tegaldowo Bantul. Guru dan karyawan serta para murid semua mengenakan pakaian khas adat jawa.

Sore itu, SD Tegaldowo mengelar wisuda kelulusan. Sebanyak 41 siswa kelas VI SD Tegaldowo Bantul yang dinyatakan lulus USBN menjalani prosesi wisuda kelulusan dengan mengenakan pakaian adat jawa lengkap.

Prosesi yang dilangsungkan sore itupun berjalan dengan penuh hikmat.

Kepala Sekolah SD Tegaldowo, Akhiyati dalam sambutannya menyampaikan alasan prosesi wisuda dengan nuansa adat ini karena SD Tegaldowo ini tengah menerapkan pendidikan karakter.

Di mana salah satu pendidikan tersebut adalah pendidikan karakter budaya. Dan tentukan juga melakukan pendidikan karakter lainnya, seperti berkarakter relejius, mandiri, gotongroyong, nasionalis dan berintegritas.

Lebih jauh Akhiyati mengatakan out put dari pendidikan bukan semata-mata hasil ujian yang bagus. Akan tetapi bagaimana anak didik ini memiliki karakter yang baik sehingga bermanfaat bagi dirinya, masyarakat dan negara.

"Tidak lupa dalam kesempatan ini kami mohon maaf dan kami berharap anak-anak tetap semangat belajar. Semoga anak-anak juga bisa melanjutkan ke sekolah yang diinginkan" pesannya.

Kepala UPT PP Kecamatan Bantul yang diwakili Kasubag UPT PP, Tugiran menyatakan kebanggaannya dengan penerapan pendidikan karakter ini.

Sehingga ke depan anak akan memiliki jiwa nasionalis, berintegritas, gotong royong maupun relijius sehingga bisa anak yang sholeh-sholehah.

Reporter : Lanjar Artama
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Tiang Listrik Patah, Pelayanan Dispendukcapil OKU Selatan Sempat Lumpuh
Berita Selanjutnya Herlang: Pemuda Kutim Harus Melestarikan Seni dan Budaya

Komentar Anda