UniqMag

Jelang Lebaran, Wabup Kutim Sidak ke Pasar Induk Sangatta

berita terkini
Wabup Kutim H.Kasmidi Bulang di dampingi Kepala Disperindag Edward Azran saat meninjau pasar induk Sangatta

KUTAI TIMUR, (Suaraindonesia.co.id) - Mengantisipasi ketersediaan dan lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat jelang Idul Fitri, Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim)  H.Kasmidi Bulang beserta rombongan dari Disperindag melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Induk Sangatta, Rabu (6/06/2018).

Dalam sidak ini, Wakil Bupati Kutim beserta rombongan melakukan pemantauannya untuk mengetahui langsung dan berdialog dengan sejumlah pedagang. Dari hasil dialog tersebut, diketahui harga kebutuhan pokok masyarakat cukup tersedia dan tidak terjadi kenaikan harga yang sangat signifikan.

“Sidak pasar ini berkaitan dengan persiapan stok bahan pokok jelang lebaran, dari beberapa yang sudah kami pantau tadi dari agen dan distributor, stok sampai nanti lebaran ini cukup, tidak ada permasalahan. Tadi kita juga langsung meninjau pengecer, harga pun memang ada yang bervariasi namun ada kenaikan harga tapi tidak terlalu signifikan kenaikanya, masih stabil,” kata Wabup.

lebih Lanjut Kasmidi menambahkan, untuk harga bahan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras dan telur sampai saat ini belum terjadi lonjakan harga yang sangat signifikan.

“Untuk sembilan bahan pokok, harga di tingkat distributor tidak terjadi kenaikan harga, intinya distributor tidak pernah menaikan harga. Pengecer ini yang perlu kita evaluasi. Untuk beras tadi kan beda beda, ada premium, medium dan ekonomi, ada kelas kelasnya, tadi di distributor harganya perkilogramnya Rp.11,600 itu yang Kualitas Premium,” terang Wabub

Kasmidi menyampaikan, sidak kali ini selain untuk mengetahui sejauh mana ketersediaan dan perubahan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang hari raya, juga untuk memantau peredaran produk yang rusak dan kadaluarsa. Dirinya pun menjelaskan, akan melakukan evaluasi dan menertibkan keberadaan pasar tumpah yang berada di area kota Sangatta dalam waktu dekat ini.

Sementara itu, menurut Nurmiati, salah satu pedagang di Pasar Induk Sangata yang menjual bahan pokok rumah tangga mengaku harga komoditas  seperti, Bawang merah, Bawang Putih,  komoditas ini mengalami penurunan harga dibanding awal Ramadhan kemarin.

“Bawang merah dan bawang putih masih di kisaran harga normal, malah sekarang harganya turun,yang awalnya Rp 35 ribu per Kg sekarang turun menjadi Rp 32 ribu per Kg karna banyaknya stok yang masuk di Sangatta makanya harganya turun,” ujar Nurmiati. (Advetorial)

Reporter : Al Gazali
Editor : Dedi Kurniawan
Berita Sebelumnya Horeee, Atlet Banyuwangi Terima Angpao Lebaran
Berita Selanjutnya Herlang: Pemuda Kutim Harus Melestarikan Seni dan Budaya

Komentar Anda