UniqMag

Rumah Tergerus Erosi Sungai, 10 KK di Buana Pemaca OKU Selatan Terpaksa Mengungsi

berita terkini
Deretan rumah warga yang ditinggal pemiliknya karena tergerus air sungai di Buana Pemaca, OKU Selatan.

MUARADUA, (suaraindonesia.co.id) -Sedikitnya  10 rumah ditinggal mengungsi oleh pemiliknya akibat tergerus air sungai yang terus menerus merambat  hingga kepemukiman rumah warga, di Desa Talang Surau, Desa Damarpura, Kecamatan Buana Pemaca, OKU Selatan.

Dari pantauan di lokasi, Rabu (6/6/2018) untuk mencegah erosi tak meluas pemerintah daerah setempat telah melakukan pembangunan talud pembatas antara rumah warga dengan sungai. Di lokasi terdapat 1 unit alat berat ekskvakator dan beberapa orang pekerja yang sedang bekerja. 

Namun proses pembangunan talud ini dinilai lamban. Proyek pemasangan talud telah berjalan 5 bulan atau sejak Januari awal tahun ini namun hingga kini tak kunjung selesai.

"Memang terlihat lamban, sejak bekerja dimulai Januari lalu pekerjaan seperti tak akan kunjung selesai,"ujar Marvel salah satu warga yang tinggal di wilayah sekitar sungai.

Akibat lambanya pembangunan talud tersebut  warga terancam kehilangan rumahnya karena terbawa arus air yang semakin mendekat.

Selain beberapa rumah yang ditinggal pemiliknya terlihat beberapa bagian pada bagian dapur telah hilang terbawa arus sungai atau sengaja dibongkar.

"Dahulunya sungai ini berjarak lebih dari 30 meter dari pemukiman rumah warga, yang hingga sekarang merenggut tempat tinggal warga disini,"jelas Marvel.

Warga berharap pembangunan cepat diselesaikan untuk kembali membangun rumah mereka yang separuhnya rusak.

"Harapan kita pembangunan cepat selesai karena lebuh kurang setahun terakhir tidak dihuni," harapnya.

Warga setempat yang rumahnya sudah tidak layak dihuni untuk sementara mengungsi di rumah saudaranya di desa tetangga dan ada juga yang pindah ke ladang dan kebun miliknya.

Reporter : Sri Fitriyana
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Jelang Lebaran, Wabup Kutim Sidak ke Pasar Induk Sangatta
Berita Selanjutnya Cabub dan Cawabu OKI Adu Gagasan Dalam Depat Publik Pertama

Komentar Anda