UniqMag

GRKB Menolak Ketua ORI Kaltim Terpilih

berita terkini
Wahdiat Alghazali, Ketua GRKB

SAMARINDA, (suaraindonesia.co.id) - Terpilihnya Kusharyanto sebagai Ketua Ombusman RI (ORI) Kaltim sepertinya bakal berbuntut panjang. Sejumlah Ormas Kedaerahan seperti GRKB dan DPW Pusaka Kaltim menyayangkan proses assessment yang diduga berjalan tidak fair.

Kusharyanto yang juga sebagai Assiten Senior ORI Pusat disinyalir memang dipersiapkan untuk menjadi Ketua ORI Kaltim. Sedangkan assessment yang dilakukan ORI Pusat diduga hanya formalitas saja. 

Wahdiat Alghazali, saat dihubungi tilpon menyayangkan cara ORI Pusat melakukan assessment yang cenderung hanya akal-akalan, bahkan hanya memboroskan anggaran negara. "Bayangkan saja masa level S1 bisa mengalahkan Doktor. Seperti ibu Rahmawati itu kan doktor, masa kalah dengan S1, "tegas Wahdiat.

Menurutnya, GRKB akan segera menyurati ORI Pusat untuk membatalkan keputusan penetapan Kusheryanto sebagai Ketua ORI Kaltim. Menurutnya ORI sebaga lembaga pengawasan namun melakukan praktek yang tidak benar. 

Di tempat terpisah Rachmadansyah sebagai Ketua DPW Pusaka Kaltim juga merasa keberatan atas keputusan pengangkatan Kusheryanto yang dinilainya hanya titipan pejabat ORI Pusat. Menurutnya, jika hal tersebut benar dia mengatakan lebih baik tidak perlu ada ORI Kaltim.

"Saya yakin hasil assessment itu bukan Kusheryanto pemenangnya. Terbukti saat ibu Rahmawati dikonfirmasi saat assessment, saudara Kusheryanto keceplosan bilang ke ibu Rahmawati bahwa assessment ini hanya formalitas. Betapa buruknya kinerja badan penyelenggara negara  jika terbukti seperti ini kinerjanya, "ujar Rachmadansyah.

Sebagai Ketua DPW Pusaka, Rachmadansyah meminta pembatalan keputusan ini dan meminta hasil assessment ditransparansikan ke publik. Rachmadansyah berharap DR Rahmawati sebagai putra daerah yang terpilih mengingat selain dia seorang akademis juga banyak prestasinya sebagai dosen pengajar di Unmul.

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Jelang Lebaran, Wabup Kutim Sidak ke Pasar Induk Sangatta
Berita Selanjutnya Wiyono Nekat Bunuh Diri Diduga Terkait Kasus yang Saat Ini Diperiksa Kejari Malang

Komentar Anda