UniqMag

Si Motrik LS 500, Mobil Listrik Ramah Lingkungan Kreasi PT KPC

berita terkini
Mobil ramah lingkungan hasil modifikasi dan inovasi karyawan PT. KPC Kaltim. Mobil  listrik ini bisa melaju dengan kecepatan 40 km/ jam dengan daya tahan baterai selama 4 jam.

KUTAI TIMUR,(suaraindonesia.co.id)- PT.Kaltim Prima Coal (KPC) Kutai Timur (Kutim) Kalimantan Timur (Kaltim), kembali membuat inovasi dan gebrakan baru di dunia konservasi energi.

KPC resmi memperkenalkan mobil listrik dengan kode lambung POOL LS 500 sebagai komitmen dan konsistensi dalam rangka pelestarian Lingkungan Hidup  di Sangatta,Rabu (06/06/2018).

Si Motrik LS 500 (Chevrolet blazer) buatan Divisi Mining Service Division (HSD) bekerja sama dengan management health, safety and evironment system (HSES) tersebut menggunakan teknik konversi mobil konvensional (BBM) menjadi mobil bertenaga listrik, 

Projects manager Wiwid Sujati menuturkan, Si Motrik LS 500 dapat melaju dengan kecepatan 40 KM/jam dengan daya tahan baterai selama 4 jam.

"Dalam proses pembuatannya, kami menggunakan teknik konversi , mobil bekas Chevrolet blazer awalnya menggunakan mesin penggerak bahan bakar minyak (BBM) kemudian kamu ganti mesinnya menggunakan motor penggerak utama menggunakan baterai LBAT dengan kapasitas 180 Ah 3.2 V beserta komponennya,'' katanya.

Lebih lanjut Wiwid menjelaskan, proses  pembuatan mobil listrik yang dirancang bersama dengan tiga orang anggota timnya Sahirul Alim, Eko Prasetyo, dan Oldwan Ferdalis. 

Mereka mengerjakan mobil itu di sela-sela kesibukan mereka sebagai karyawan KPC.

"Inovasi ini kami mulai sejak  PT.KPC mencanangkan pilot peoject mobil listrik melalui HSES OTP 2015 hingga 2017 pilot project pun dapat di selesaikan dengan maksimal,'' katanya. 

Menurut dia, cukup lamanya pengerjaan karena pekerjaan ini dilakukan di sela-sela kesibukan sebagai karyawan. 

''Kalau kami libur baru dikerjakan,  namun itu bukan alasan dan halangan bagi kami untuk tidak berinovasi dan menyelesaikan pilot project Si Motrik LS 500 buatan tangan anak bangsa."ujar Wiwid.

Superintendent Public Communication External Affairs KPC Yordan Ampung menambahkan,  bahwa Si Motrik telah melalui uji coba dan telah ikut dalam kompetisi Indonesia CSR Award (ICA) 2017.

"Mobil listrik ini telah mengikuti kompetisi ajang Indonesia CSR Award, bahkan tim penilai datang ke Sangatta untuk mengujinya, hasilnya mereka mengatakan mobil listrik buatan KPC ini lebih senyap dari Camry dan sangat ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan karbondioksida (C02) ."ujar Yordan Ampung

Menurut dia, bahwa PT.KPC di bidang konservasi energi akan terus melakukan terobosan untuk mencari energi alternatif terbarukan.  ''Cukup di ketahui PT.KPC telah menerapkan sistem pembangkit tenaga air (Mikro Hidro) dengan memanfaatkan kolam bekas galian tambang sebagai pembangkit tenaga listrik sejak 2013,'' tegasnya.

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Jelang Lebaran, Wabup Kutim Sidak ke Pasar Induk Sangatta
Berita Selanjutnya Wiyono Nekat Bunuh Diri Diduga Terkait Kasus yang Saat Ini Diperiksa Kejari Malang

Komentar Anda