UniqMag

Wakil Ketua MPR RI Sosialisasikan 4 Pilar di Kutai Timur

berita terkini
Mahyudin saat memberikan sumbangan kepada pengurus masjid Raudhatul Jannah, Kutai Kimur

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia(MPR RI) Mahyudin, melakukan sosialisasi 4 Pilar Di masjid Raudhatul Jannah, Kampung Tator, Sangatta Utara, Kutai Timur (Kutim), Kaltim Kamis (7/6/2018)

Dalam acara yang dihadiri oleh ratusan warga tersebut mahyudin menuturkan pentingnya sosialisasi empat pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai upaya untuk memperkuat ideologi Negara. Selain itu juga sebagai pedoman perilaku dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk menghadapi tantangan kebangsaan yang semakin banyak dihadapi oleh negara.

"Lemahnya penghayatan dan pengamalan ajaran keagamaan serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit yang melahirkan paham radikalisme dan terorisme,seperti kejadian bom bunuh diri yang menewaskan jemaat agama lain,ini adalah salah satu tantangan kebangsaan yang dihadapi negara," jelas Mahyudin.

Dia juga menambahkan, tujuan diadakan sosialisasi empat pilar ini adalah untuk mengingatkan kembali masyarakat tentang prinsip-prinsip pancasila sebagai ideologi Negara. Serta membangun kembali semangat kebersamaan, persaudaraan dan persatuan agar tidak mudah diadu domba dan diprovokasi oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, sebagai tameng dan filter terhadap pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan ideologi negara.

"Kalau dulu di sekolah kita diajarkan tentang penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) sebagai bekal dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Tapi semakin lama hal ini semakin terkikis dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk itulah MPR turun ke masyarakat, mengingatkan kembali prinsip-prinsip bernegara, membangun kembali semangat persaudaraan dan persatuan dengan melakukan sosialisasi mengenai Empat Pilar," pungkas mantan bupati Kutim tersebut. (Qiqi)

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Bagi-bagi Amplop Jelang Lebaran, Dinas Cipta Karya Malang Dianggap Lecehkan Wartawan
Berita Selanjutnya Wiyono Nekat Bunuh Diri Diduga Terkait Kasus yang Saat Ini Diperiksa Kejari Malang

Komentar Anda