UniqMag

Optimalkan Manfaat Alsintan, BPTP Kaltim Gelar Rakor

berita terkini
Kepala BPTP Kaltim, Muhammad Amin bersama peserta Rakor

BULUNGAN, (suaraindonesia.co.id) – Guna meningkatkan hasil program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung, Kedelai (Pajele) diwilayah Kalimantan Utara (Kaltara), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim gelar Rakor bersama Dinas Pertanian Kaltara, di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian, Kabupaten Bulungan, Kamis (7/6/2018). Hadir dalam kegiatan tersebut,

Rakor dibuka langsung Kepala Dinas Pertanian kaltara dan dihadiri sebanyak 35 orang, di antaranya Kepala BBPP Binuang, para Kepala Dinas Pertanian beserta Kabid TP dan PSP, Dandim dan fasiter se-Kaltara, termasuk juga koordinator PPL.

Selain sosialisasi dan evaluasi, Rakor juga membahas Luas Tambah Tanam (LTT) serta agenda strategis terkait optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), serta mendata jumlah Alsintan yang masih layak dan tidak layak.

"Untuk memperkuat tanaman pangan di Kaltara seluruh stakeholder yang terlibat agar bekerja sesuai target yang ditetapkan," harap Kepala BPTP Kaltim Muhammad Amin.

Menurutnya, pengoptimalan Alsintan dapat mempercepat tercapainya target LTT serta proses panen. Sesuai dengan Keputusan Mentan dan Pedoman teknis pengadaan dan penyaluran Alsintan pada tahun 2018, untuk Alsintan yang telah disalurkan kepada Gapoktan, tapi pemanfaatannya tidak mencapai target, akan segera dilakukan realokasi kepada Gapoktan lainnya.

“Dalam Rakor ini juga dilakukan evaluasi LTT periode Februari hingga APril dan penyusunan target sasaran LTT bulan juni dengan target 14.920 hektar yang tersebar di 4 kabupaten, yakni Bulungan, Malinau, tana tidung dan Nunukan,” terang Amin sapaan akrapnya.

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Pemkab Talaud Diminta jelaskan Dana 18 M Yang Belum Terbayarkan
Berita Selanjutnya Jalin Silaturahmi & Kekompakan, Ketua RT 012/RW 02 Kota Bambu Utara Jakarta Barat Gelar Nobar Final Piala Dunia

Komentar Anda