UniqMag

Jenasah TKI Asal Jember Tak Akan Terlantar Jika Pemkab Jember Sigap

berita terkini
Jenasah Amintyas Wahyudi, TKI asal Kabupaten Jember yang terlantar di Malaysia

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)-Terlantarnya jasad seorang TKI asal Kabupaten Jember di negeri jiran Malaysia dikritisi oleh Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaidi.  Menurut Ayub  jenazah pekerja migran bernama Amintyas Wahyudi terlantar karena penanganannya tidak didasari rasa kemanusiaan.

“Tidak usah melihat statusnya ilegal ataupun legal, tetapi jika ada kendala terkait pemulangan jenazah, cukup dilihat sebagai warga negara Indonesia, yang harus dipulangkan untuk segera dikebumikan,”ujar Ayub.

Ayub Junaidi juga meminta Pemkab Jember untuk lebih memperhatikan nasib warganya agar segera dapat dipulangkan ke Indonesia. Sebab sudah 13 hari lebih, jenazah warga beralamat di Jalan Kh Wahid Hasyim Jember ini tak jelas kapan akan segera dikirim ke tanah air untuk segera dikebumikan.

“Saya dapat informasi dari rekan kader NU dan Kader PKB itu, ternyata jenazah tidak dapat dipulangkan karena masih ada persoalan dokumen yang belum terselesaikan. Harusnya kalau menurut saya, tanpa harus melihat ilegal ataupun tidak ilegal (status TKI tersebut), tetapi ada warga Jember meninggal di sana (Malaysia), pemerintah harus mengambil langkah sigap,” ujar Ayub kepada sejumlah media, Sabtu (9/6).

Jangan sampai masyarakat yang mengambil alih posisi dari tugas dan kewenangan yang harusnya dilakukan oleh pemerintah, kata Ayub, terkait proses pemulangan jenazah, ataupun sampai pada kebutuhan akan mobil ambulans untuk membawa jenazah dari bandara ke rumah duka  di Jember.

“Seharusnya seperti Dinas Tenaga Kerja (Jember) proaktif mencari informasi konkret, terkait kendala apa yang terjadi sampai jenazah tidak bisa dipulangkan. Kalau perlu koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi, atau kalau mungkin dibutuhkan, koordinasi dengan Kementeriaan Tenaga Kerja,” tandasnya.

“Itu adalah tugas pemerintah! Jangan sampai masyarakatnya sendiri yang mencari tahu, yang seharusnya dilakukan pemerintah lah yang menjemput bola. Ini urusan warga negara, urusan kemanusiaan,” sambungnya menegaskan.

Sebelumnya diberitakan, pekerja migran Indonesia asal Kabupaten Jember, bernama Amintyas Wahyudi (34) dikabarkan meninggal dunia di Malaysia karena sakit terkena infeksi virus di bagian otak. Diketahui jenazah Amintyas 13 hari terlantar di Malaysia, dan belum bisa dipulangkan kembali ke Indonesia.

     

 

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Tekan Radikalisme, GP Ansor Jember Dukung #2018TumpasTeroris
Berita Selanjutnya Wiyono Nekat Bunuh Diri Diduga Terkait Kasus yang Saat Ini Diperiksa Kejari Malang

Komentar Anda