UniqMag

Kapolres Jember: Masyarakat Jangan Remehkan Gerakan Radikal

berita terkini
Kapolres Jember AKBP Kusworo menjadi salah satu narasumber Ngaji Kebangsaan

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengajak masyarakat Jember agar selalu waspada dan tanggap dengan setiap gerakan radikalisme yang muncul di lingkungan tempat tinggalnya. Masyarakat juga dihimbau agar terus memperkaya pemahaman anti radikalisme dengan selalu menggali informasi dari mana pun.

Menurut Kusworo, salah satu upaya memperkaya pemahaman anti radikalisme seperti yang dilakukan oleh GP Ansor Jember yang menggelar Ngaji Kebangsaan. “Karena ini dapat semakin menguatkan kembali nilai-nilai Pancasila, merawat kebhinekaan serta untuk mengetahui ciri-ciri kelompok radikal,” jelasnya.

Sehingga memiliki pandangan yang sama dan mengetahui seperti apa tanda-tanda mengarah pada radikalisme. Jika seluruh masyarakat mengetahui hal-hal rawan radikal maka dapat langsung melaporkan kepada pihak lain.

Kusworo juga menuturkan masyarakat tidak menganggap remeh gerakan radikal, utamanya di Jember. Pihaknya membutuhkan kerjasama dengan sejumlah tokoh masyarakat dan agama yang moderat untuk menghadapi kelompok radikal ini.

Pendidikan kepolisian tidak mengajarkan penerjemahan isi Alquran. Sehingga Babinsa dan Babinkamtibmas, Polsek saat berhadapan dengan kelompok radikal dengan dalil akan kekurangan khasanah pengetahuan. “Sehingga membutuh kyai dan tokoh moderat dari NU, Muhammadiyah dan MUI,” jelasnya. Makanya Polres Jember akan melakukan MoU dengan tiga komponen ini.

Pihaknya juga menggandeng sejumlah pihak termasuk rektor perguruan tinggi, Lembaga Pemasyarakatan, Imigrasi, Diknas dan Kemenag. 

“Terutama para rektor ini beberapa sudah memiliki keamanan yang ketat untuk kegiatan mahasiswa yakni dengan melibatkan Menwa, UKM dan pencak Silat,” jelasnya. Sehingga bukan hanya dari rektorat kampus saja, namun sesama mahasiswa pun juga saling mengawasi.

 

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Bantu Polri, Kodim Bima Kerahkan Personil Perkuat Pengamanan Idul Fitri
Berita Selanjutnya Wiyono Nekat Bunuh Diri Diduga Terkait Kasus yang Saat Ini Diperiksa Kejari Malang

Komentar Anda