UniqMag

H-4 Lebaran, Ratusan Pemudik Berangkat dari Talaud ke Manado

berita terkini
Para penumpang yang akan mudik di salah satu kapal di pelabuhan Melonguane

TALAUD, (suaraindonesia.co.id)-Cuti bersama jelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah dan libur semester bagi para pelajar telah tiba, demam Pulang kampung atau mudik terasa juga hingga di kabupaten paling utara Indonesia, kepulauan Talaud.

Sebagian besar para pemudik adalah mereka yang bertugas dinas dan merantau di kabupaten yang terkenal dengan julukan Porodisa ini. Mereka berasal dari pulau Jawa, Makassar, Gorontalo, Manado dan Sumatera.

Pantauan suaraindonesia.co.id, tiket untuk dua kapal motor yakni KM Barcelona dan KM Holly Marry yang sering sandar di Pelabuhan Melonguane, Lirung dan Beo tujuan Manado terjual habis di loket penjualan yang ada di tiga lokasi. Sejumlah penumpang rela berdesakan di gang kapal.

Jefri salah satu penumpang KM Holly Marry yang memboyong satu keluarganya pulang kampung ke Goontalo mengatakan sudah menjadi tradisi keluarga kami yang ada di perantauan setiap jelang lebaran harus pulang kampung kumpul bersama keluarga besar.

"Tahun inipun dengan istri dan anak jauh jauh hari saya sudah pesan tiket kapal, kalau nda pasti nda kebagian tiket," kata Jefri yang kesehariannya sebagai pedagang di Melonguane.

Selain di pelabuhan,hal yang sama terjadi di Bandara Melonguane, lonjakan harga tiket pesawat tak mengurungkan niat para pemudik menggunakan transportasi udara. Tiket pesawat Wings Air selama sepekan ini terjual habis.

Merekapun berharap kiranya pemerintah dan  pihak maskapai bisa menambah jadwal penerbangan rute Melonguane - Manado begitupun sebaliknya.karena hingga saat ini penerbangan ke talaud hanya satu kali dalam sehari.

Reporter : Marwan Pakaya
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Pasar Benculuk, Banyuwangi Dilalap Si Jago Merah
Berita Selanjutnya Unik! Sambut HUT ke-73 Hari Kemerdekaan RI, Warga Pamekasan Siapkan Tank Amphibi

Komentar Anda