UniqMag

Rosul Dilarang Ikut Jemput, Kargo Jenasah TKI Terancam Tak Dikeluarkan Bandara

berita terkini
Surat kargo dari agen pengiriman peti jenasah di Malaysia

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) – Jenasah TKI asal Jember yang terlantar di malaysia dipastikan hari Rabu besok (13/6) akan mendarat di tanah air. 

Kepastian ini disampaikan Sekjen Federasi Tenaga Kerja Indonesia,  muhamad rosul saat di hubungi melalui telepon selasa sore (12/6). “ Jenasah (Amintyas Wahyudi) kira-kira pukul 9-10 wib hari rabu akan mendarat di bandara Juanda,”kata Rosul.

Kepastian kepulangan jenazah Amintyas dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (disnakertras) Jember, Bambang Edy Santoso. Bahkan menurut bambang, Bupati Jember dr Faida saat ini tengah berada di Malaysia untuk mengawal kepulangan jenazah Amintyas. 

"Kami dapat kepastian jenazah besok berangkat sekitar pukul 07.00 waktu setempat. diperkirakan tiba di jember pukul 15.00 wib," terang bambang.

 Meski sudah dipastikan akan sampai ke tanah air, masalah lain muncul. Kargo jenasah amintyas wahyudi warga jalan cokroaminoto terancam tidak bisa dikeluarkan dari terminal kargo bandara Juanda.

Penyebabnya tak lain karena Muhamad Rosul dilarang untuk menjemput kargo berisi peti jenasah oleh pihak Pemkab Jember.

“Jadi surat dari KBRI (Malaysia) sudah jelas yang njemput itukan atas Muhamad Rosul, berdasarkan surat kuasa atas nama keluarga yang dibuat minggu lalu. Keluarga memasrahkan segala urusan pemulangan jenasah ke saya,” jelasnya.

Namun Kepala Dinas Kesehatan Jember Nurul Qomariah saat berbicara dengan kepala dinas tenaga kerja melalui telp milik Muhammad Rosul, Nurul mengatakan atas perintah bupati Rosul  tidak diperbolehkan ikut.

“Iya saat ngobrol dengan Bu Nurul (Kadinkes) dengan Pak Bambang (Kadisnakertrans) atas perintah bupati yang ikut menjemput adalah kabag hukum dan camat Ajung, saksinya ada ibunya ada adiknya almarhum, “kata Rosul.

“ Padahal kargo dari Malaysia Airlines masih atas nama saya sehingga kalau saya tidak boleh ikut ya ndak tahu bisa tidak kargo dikeluarkan oleh bandara,”pungkas Rosul

Seperti diberitakan sebelumnya, Amintyas Wahyudi seorang warga Jember meninggal dunia akibat sakit TBC di Malaysia. Jenasah almarhum sempat terlantar belasan hari karena terkendala biaya rumah sakit dan biaya pengiriman ke tanah air.

 

 

 

 

 

Reporter : Vino AFM
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Talaud Tetap Buka
Berita Selanjutnya Wiyono Nekat Bunuh Diri Diduga Terkait Kasus yang Saat Ini Diperiksa Kejari Malang

Komentar Anda