UniqMag

Sambut Hari Raya, Pemkab Kutim Gelar Takbir Pawai

berita terkini
Bupati Ismunandar Lepas Pawai Takbir di Halaman Masjid Agung Al Faruq, Kutim. (Ist)

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengandeng Panitia PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Kutim menyelenggarkan pawai takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Ratusan peserta dari berbagai unsur ikut ambil bagian mengumandangkan takbir keliling yang dilepas langsung Bupati Kutim Ismunandar didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang dan Seskab Irawansyah, di Halaman Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi, Kamis malam, (14/6/2018) .

 

Para peserta pun antusias dalam mengikuti pawai takbir. Bahkan, tak sedikit kendaraan di sulap menyerupai masjid dan Ka'bah.

 

Ada beberapa persyaratan peserta dalam mengikuti pawai takbir tersebut dan dinilai oleh juri, dengan tema yang sesuai dari pemda, yakni dibidang keagamaan dan kebenaran dalam syiar, seperti takbir yang tidak diperkenankan menggunakan kaset. Selain itu, sangat dilarang menggunakan roda dua, demi menjaga keamanan dalam berkendaraan.

 

Sebelum melepas peserta, Bupati Ismunandar atas nama Pemkab Kutim, mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah. 

 

"Minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir batin. Malam hari ini kita sambut satu syawal dengan bersama-sama mengumandangkan takbir di Kutim khususnya di kota Sangatta,"ujar Ismu.

 

Selanjutnya, kepada para peserta, Bupati berpesan untuk tetap menjaga ketertiban dan melaksanakan kegiatan pawai dengan damai dan aman. "Karena gema takbir malam menandakan kita menyambut satu syawal dengan kebersamaan," tutupnya. 

 

Sementara itu, Kepala Kantor Agama Kutim, Ambotang mewakili PHBI mengatakan, pawai takbir kali ini memiliki tema yang sesuai dari pihak pemarintah daerah yakni keagamaan dan kebenaran dalam syiar.

 

"Mari kita sambut hari raya Idul Fitri pada esok hari dengan penuh kebahagiaan nanun tetap dalam kesederhanaan, hindarkan diri dari segala hal yang mubazzir atau berlebih-lebihan, tetap memelihara kekhidmatan dalam suasana persaudaraan," tuturnya.

 

Adapun rute yang akan digunakan dalam pawai takbir keliling, yakni. menyusuri Jalan Wahab Syahranie (eks Jalan Pendidikan), berbelok kiri  menuju jalan Yos Sudarso II terus ke jalan Karya Etam, kemudian ke jalan Diponegoro, berlanjut ke jalan Yos Sudarso I hingga Yos Sudarso IV, lalu berputar ke Townhall, dan berakhir di kantor bupati lama di jalan Soekarno-Hatta Sangatta Utara. 

 

Turut hadir dalam pelepasan pawai takbir tersebut, Kapolres AKBP Teddy Ristiawan dan Dandim 0909 Letkol Inf Kamil Bahren Pasha, Danlanal Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budhiarta, Tokoh Agama dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Kutim. (Advetorial) <

Reporter : Muhammad
Editor : Dedi Kurniawan
Berita Sebelumnya Tengah Malam, Pj Bupati Pamekasan Pantau Pos Terpadu Lebaran
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda