UniqMag

Terkait Layang-Layang dan Balon Udara, Manager PLN Pamekasan: Tindakan yang Membahayakan Dapat Sangsi Pidana

berita terkini
Gambar: Ilustrasi

PAMEKASAN, (suaraindonesia.co.id)- Dalam rangka menciptakan kenyamanan bersama, PT. PLN Area Pamekasan menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak bermain layang-layang atau menaikkan balon udara di dekat jaringan listrik.

Manager PT. PLN Area Pamekasan Puguh Prijandoko menyampaikan, bahwa berbahaya bermain balon udara dan layang-layang di dekat jaringan listrik.

"Jaringan distribusi dan transmisi listrik PLN menggunakan kabel listrik. Kabel-kabel tersebut krusial untuk jaringan listrik di sekitar anda dan tentunya untuk pasokan listrik ke tempat anda. Oleh karena itu sebaiknya mari dijaga bersama," tuturnya, Sabtu (16/06).

Puguh menjelaskan, bahwa sejumlah kegiatan terkait kebiasaan setempat dapat mengganggu jaringan listrik, misalnya bermain layang-layang atau kegiatan menerbangkan balon udara mini di beberapa daerah. 

"Balon udara ini terdiri atas bahan yang mudah terbakar, api dan udara. Jika balon tersebut menyangkut di kabel listrik, maka kebakaran, tersetrum listrik, dan sejumlah bahaya lain akan terjadi," terangnya.

Puguh menyampaikan, bahwa tindakan yang dinilai membahayakan dapat dikenai sangsi pidana sesuai UU No. 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan pasal 51 yaitu dikenakan sangsi sebesar 2 miIliar 500 juta rupiah atau dihitung penjara paling lama 5 tahun.

"Perbaikan jaringan listrik seperti kejadian tersebut membutuhkan waktu berhari-hari. Ini berarti aliran listrik ke pelanggan sekitar akan terganggu, dan pasti tidak nyaman," kata Puguh.

Puguh mengajak masyarakat, apabila ada yang melakukan tindakan yang membahayakan jaringan transmisi listrik, maka hendaknya dilarang, dihentikan, atau dilaporkan ke PLN 123.

"Menjaga jaringan listrik bersama berarti menjaga kenyamanan bersama juga. Sehingga kami dan anda peduli untuk jaringan listrik aman," tutupnya.

 
Reporter : Irma Kirana
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Merajut Kebersamaan, Danrem Mataram Gelar Open House
Berita Selanjutnya Cekcok Mulut Seorang Bapak Di Kisam Ilir OKU Selatan Tikam Anak Hingga Tewas.

Komentar Anda