UniqMag

Begini Meriahnya Lebaran Topat di Lombok Barat

berita terkini
Warga mengarak gunungan ketupat yang akan dibawa ke pantai Duduk Selayar Lombok Barat.

Lombok Barat, (suaraindonesia.co.id) - Perayaan lebaran topat yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat di pantai Duduk Batulayar Lombok Barat berlangsung meriah.

Pertunjukan seni budaya khas Lombok  membuka rangkaian acara yang menjadi tradisi bagi warga lombok sepekan setelah hari raya Idul Fitri.

Kemeriahan lebaran topat terlihat saat masyarakat berebut gunungan ketupat, yang sudah disiapkan pemerintah Kabupaten Lombok Barat sebagai bagian dalam prosesi acara tahunan tersebut.

“Lebaran topat yang dilaksanakan tujuh hari setelah Idul Fitri ini juga dikenal dengan lebaran nine atau perempuan,” ungkap Pjs Bupati Lombok Barat Lalu Saswadi.

Lebaran topat merupakan penutup dari pelaksanaan ibadah puasa di awal Syawal 1439 Hijriah.

Agenda yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya diharapkan mampu menjadi daya tarik tidak hanya wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara.

“Lebaran topat sudah menjadi bagian dari kalender event pemerintah Kabupaten Lombok Barat,” jelasnya.

Ia menegaskan, dalam prosesi lebaran topat tertanam nilai-nilai relijiusitas dan budaya yang sangat baik. 

“Budaya dan nilai keagamaan yang kental di Lombok juga menjadi pondasi kuat dalam menjaga harmonisasi dan kerukunan antar umat beragama,” tegasnya.

Lebaran topat juga menjadi sarana bagi warga Lombok, dalam merajut tali silaturahmi.  Biasanya para warga akan berbondong-bondong mengunjungi makan para penyebar agama islam seperti di makam Batulayar dan juga ke sejumlah objek wisata seperti kawasan pantai.

Reporter : Lukmanul Hakim
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Warga dari Berbagai Desa di OKU Selatan Antri ATM, Ada Apa?
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda