UniqMag

Butuh Sinergi Untuk Optimalkan Pariwisata di Kutim

berita terkini
Merakyat...bupati Kutim ismunandar, ikut turun tangan langsung dalam pendirian tiang ulin lamin etam, lamin adat suku dayak kenyah

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) - Bupati Kutai Timur (Kutim), Kaltim, Ismunandar  meminta semua sektor untuk mengoptimalkan sinergi guna memajukan dan memaksimalkan potensi wisata yang ada di Kutim. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Pesta Adat Dayak Kenyah di Dusun Rindang Benua, Desa/Kecamatan Sangatta Selatan, Sabtu (23/6/2018).

Menurutnya dalam pengembangan potensi objek wisata yang ada di Kutim, butuh peran serta semua pihak baik masyarakat, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder agar pariwisata di Kutim bisa berkembang dengan baik.

"Kalau sudah masyarakat mendukung, pemerintah mendukung, kita juga minta stakeholder yang ada ikut mendukung,” ucapnya

Menurutnya, untuk masalah pariwisata merupakan permasalahan internal yang harus dibenahi secara struktural, jadi  harus diupayakan agar dinas dinas terkait seperti Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah bisa lebih bersinergi lagi dalam memajukan dan mengoptimalkan potensi Pariwisata di Kutim.

"Ini Bupatinya sudah greget, tapi kalau dinas terkaitnya sebagai mesin penggeraknya kurang optimal ya hasilnya juga akan kurang maksimal," paparnya.

Perlu diketahui dalam acara pesta adat tersebut Bupati ismunandar, bersama anggota DPRD Kutim, Herlang Mappatiti, Ketua Adat Besar Kutim Sayyid Abdal Nanang Al Hasani juga dilibatkan secara langsung dalam pendirian tiang ulin  pembangunan lamin adat etam. Bersama dengan warga yang lain, mereka menarik tali yang mengikat ujung tiang agar berdiri kokoh di tempatnya.

Tiang ulin berukir khas dayak Kenyah setinggi 4 meter, akan menjadi  tiang utama bangunan Lamin adat. Diharapkan  kedepannya hadirnya Lamin Adat akan melengkapi fasilitas wisata di Dusun Rindang Benua yang merupakan Kampung wisata dan budaya, dengan fasilitas yang ada, bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Kutim bagkan kaltim. (Qiqi/Advetorial)

Reporter : Muhammad
Editor : Riko Sumanto
Berita Sebelumnya Kapolda dan Pangdam Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak di Pamekasan
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda