UniqMag

Panwas OKI Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Akhir Jelang Pilkada

berita terkini
Suasana rakor Panwascam se OKI

OGAN KOMERING ILIR, (suaraindonesia.co.id) -  Puluhan Panwascam se Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Akhir Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara jelang Pilkada Serentak di Sekretariat Panwaslu OKI, Sabtu (23/6/2018).

Rakor ini membahas tentang persiapan penghitungan dan pelaporan hasil jumlah surat suara dari KPPS ke Panwascam yang selanjut nya hasil tersebut akan disampaikan ke Panwas Kabupaten," terang Ihsan Hamidi selaku Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga.

Ihsan menambahkan, hasil tersebut selanjutnya akan di kirim lagi oleh Panwaslu OKI kepada Panwaslu Provinsi yang selanjut nya dikirim ke Panwaslu RI.

"Sementara, terkait daerah yang sulit dijangkau atau yang terisolir agar petugas KPPS yang menjemput bola secara mendatangi langsung ketempat tersebut,” paparnya.

Sedangkan untuk masalah data pemilih yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) seperti yang telah dibahas, bahwasanya yang bersangkutan tetap bisa memilih apabila memiliki e-KTP atau Suket, juga bagi yang tidak memiliki e-KTP ataupun Suket namun namanya telah terdaftar di DPT tetap juga bisa memilih.

Memasuki tahapan Pilkada yakni masa tenang menurutnya atribut kampanye seluruhnya harus sudar bersih. Terkait pembersihan bendera partai banyak bertebaran saat ini belum tahapannya, tahapannya nanti pada bulan September.

"Soal pemunggutan suara tetap berpedoman pada PKPU. Kalau ada aturan boleh tapi kalo tidak ada jangan. Seandainya suara dijemput pengawas harus ikut, tapi kalo ikut harus ada yang menjaga di TPS" tambahnya seraya mengatakan akan mengkoordinasikan hal tersebut pada KPU.

Menurutnyua, dipoint F , bagi pemilih yang sakit dan dekat dengan TPS diyakini tidak dapat ke TPS berdasarkan persetujuan saksi paslon dan pengawas TPS dibolehkan.

“Selamat bertugas dan menyelesaikan pemilukada dengan aman dan damai. Namun tetap kita harus berpatroli bersama Lembaga juga Media (Wartawan) demi memantau segala kemungkinan yang tidak kita inginkan sehingga tidak terjadi politisasi sara dan pilitik uang," tandas nya.

Reporter : Firman
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Meriahkan Asian Games, Pemprov DKI Bakal Gelar Festival Jelang Obor
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda