UniqMag

Pangdam VI Mulawarman Ingatkan TNI Harus Menjaga Netralitasnya

berita terkini
Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto

BALIKPAPAN. (suaraindonesia.co.id) - Menjelang pelaksanaan Pilgub Kaltim 2018, TNI AD khususnya Kodam VI Mulawarman mendorong agar seluruh rakyat Indonesia untuk terlibat secara aktif mendukung terlaksananya pemilihan kepala daerah serentak secara langsung, umum, jujur, adil serta damai.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan untuk menyikapi keikutsertaan para purnawirawan dalam Pilkada, Kadispenad juga menyatakan bahwa sebagaimana telah diatur dalam UUD 1945 dan UU TNI No 34 tahun 2004, TNI AD tidak akan pernah terlibat, melibatkan diri atau dilibatkan dalam politik praktis.

“Tugas TNI hanya mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara. Adapun tugas dan peran dalam pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi, sifatnya hanya tugas bantuan kepada Polri. TNI AD tidak mempunyai niat sedikitpun untuk mempengaruhi proses maupun hasilnya. Kita (TNI AD) senantiasa menempatkan diri diatas kepentingan seluruh  rakyat dan bangsa Indonesia,” terang Pangdam.

Pangdam mengingatkan meskipun di beberapa wilayah purnawirawan TNI yang mencalonkan diri, bagi TNI AD itu merupakan hak politik mereka sebagai masyarakat sipil dan tidak ada hubungannya dengan TNI. Menurutnya dengan adanya Perintah Presiden, Panglima TNI dan Kasad, yang juga memerintahkan prajurit agar netral, maka seharusnya tidak ada lagi yang meragukan Komitmen TNI AD terkait masalah Netralitas.

“Saya berharap ada masukan yang pasti dan jelas, siapa prajurit yang tidak netral, dari satuan mana asalnya. Sehingga bukan hanya asal bicara tapi tidak menunjukan bukti yang benar. Kalau ada laporkan secara resmi dan benar, pasti akan kita tindak secara tegas dan bahkan terbuka. Proses hukum terhadap prajurit yang tidak netral juga merupakan bagian dari proses demokrasi yang baik di Indonesia,” terang mantan Aspers Kasad tersebut.

"Percayalah, sebagai prajurit Sapta Marga, kita tidak pernah berkeinginan untuk menggores bahkan melukai hati rakyatnya hanya demi kepentingan perorangan ataupun kelompok tertentu,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad
Editor : Sulhan Hadi
Berita Sebelumnya Borkar Jaringan Narkoba, Polres Kutim Amankan Tiga Tersangka
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda