UniqMag

Masa Tenang Panwaslu Jember Turunkan Atribut Kampanye Pilgub Jatim

berita terkini
Petugas dari Panwaslu dan Polres Jember menurunkan atribut salah satu paslon pada hari Minggu sore (24/6).

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Empat hari jelang masa pemungutan suara Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Panwaslu Jember telah melakukan pembersihan semua atribut kampanye dua kandidat gubernur dan wakil gubernur yang sebelumnya terpasang di 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Jember.

“Iya sesuai jadwal adalah masa tenang sebelum pemungutan suara sehingga sejak semalam kawan-kawan sudah melakukan pembersihan atribut kampanye pasangan calon,”jelas Andika Firmansyah anggota Panwaslu Kabupaten Jember dari Divisi Pengawasan dan Penindakan saat dihubungi melalui ponselnya.

Aturan pembersihan atribut kampanye juga berlaku di kantor kantor partai politik yang pengusung dan pendukung pasangan calon.

“Iya semua atribut kampanye harus bersih tidak terkecuali di kantor DPC atau DPD partai politik. Namun bukan kita yang melakukan. Karena yang melakukan adalah paslon sendiri, atau tim (kampanyenya).

Namun demikian menurut Andika jika tetap ditemukan ada atribut kampanye di kantor parpol pengusung dan pendukung pihak Panwas Jember akan melakukan imbauan agar segera diturunkan.

“Kita melakukan imbauan seperti semalam ada posko dan kantor parpol yang tidak mau menurunkan gambar pasangan calon ya kita ingatkan jika sejak tanggal 24 Juni memasuki masa tenang sehingga (atribut kampanye) harus diturunkan,”jelasnya.

“Tetapi ketika hari tenang itu (masih ada spanduk atau baliho kampanye), menjadi domain kita untuk melakukan tindakan tegas penertiban. Karena disini (UU Pilkada dan PKPU) bunyinya setiap orang yang memasang atribut kampanye diluar masa kampanye bisa terkena sanksi pidana,” lanjut -Andika.

Untuk memastikan semua atribut kampanye di wilayah Kabupaten Jember telah diturunkan, Andika Firmansyah dan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo Minggu sore (24/6) melakukan patroli keliling ke sejumlah wilayah.

“Saat ini saya dengan Kapolres sedang berkeliling untuk memastikan semua atribut kampanye telah diturungkan,” punkas Andika.

 

 

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Rumpun Bambu Terbakar, Api Menjalar ke SDN Ponteh 1 Pamekasan
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda