UniqMag

Buka di Hari Libur, Disdukcapil Kutim Diserbu Warga.

berita terkini
Kepala Disdukcapil Januar HPLA saat memberikan arahan kepada warga yang hendsk mengurus KTP-e

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur (Kutim) memberikan layanan untuk perekaman dan pencetakan E-KTP di hari sabtu dan minggu yang sebenarnya adalah hari libur bagi pegawai pemerintahan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Ditemui secara langsung saat melakukan pelayanan perekaman E-KTP warga di Kantor Disdukcapil, Minggu (24/06/2018) Kepala Dinas DisdukCapil Januar HPLA menuturkan, bahwa pemberian layanan di hari libur ini adalah salah satu upaya mengurai kepadatan warga yang akan mengurus keperluan di Disdukcapil yang disinyalir akan membludak pasca libur panjang lebaran idul fitri kemarin.

"Kami ingin memberikan pelayanan yang optimal dan prima kepada masyarakat Kutim untuk mendapatkan KTP elektronik, dan mulai sabtu kemarin sampai minggu ini kami prioritaskan adalah pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik," ucapnya.

Dia menuturkan, bahwa dari sabtu sampai hari minggu ini masyarakat yang mendatangi Disdukcapil untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP elektronik terus bertambah. Dan pihaknya terus berupaya untuk melakukan pelayanan semaksimal mungkin, bahkan jika tidak ada kendala dalam pengecekan data dari server induk data kependudukan di pusat, setelah perekaman, masyarakat bisa langsung mendapatkan KTP-e miliknya saat itu juga.

"Kemarin sabtu sekitar 20 KTP elektronik sudah kami cetak dan kami berikan kepada yang bersangkutan setelah perekaman, masih ada juga data perekaman yang masih menunggu verifikasi dari data induk. Kami tetap berusaha sesuai prosedur untuk menghindari kesalahan, untuk hari ini kami masih belum bisa memperkirakan jumlah KTP yang tercetak karena selain masih banyak yang melakukan perekaman kami juga masih harus verifikasi data  dengan data induk kependudukan pusat. Besok insyaallah bisa saya pastikan jumlah total KTP-e yang tercetak,"jelasnya.

Sementara itu, Baharudin, warga Desa singa gembara, Kecamatan Sangatta Utara, yang ditemui  di Kantor Disdukcapil menuturkan dengan dibukanya pelayanan di hari sabtu dan minggu sangat membantu dirinya yang bekerja sebagai karyawan perusahaan swasta yang hanya mempunyai waktu luang di hari libur untuk memperoleh KTP elektronik.

"Pelayanan yang diberikan sangat baik, dan cepat. Kemarin siang saya baru melakukan perekaman dan hari ini sudah bisa saya ambil KTP elektroniknya," ucapnya. (Qiqi)

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Logistik Pemilu Mulai di Distribusikan, Polres Kutim Siagakan Ratusan Personil 
Berita Selanjutnya Mendagri Lantik Deputi BNPP Menjadi Penjabat Gubernur NTT

Komentar Anda