UniqMag

Panwaslu Awasi Kedatangan Gus Ipul di Acara AKD Jember

berita terkini
Anggota Divisi Pengawasan dan Penindakan Andika Firmansyah (duduk berbaju hitam) saat bertemu Gus Ipul sebelum acara.

JEMBER (suaraindonesia.co.id) – Panwaslu Kabupaten Jember melakukan pemantauan secara ketat kehadiran Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf pada acara "Halal bi Halal" yang digelar Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Jember di Aula Hotel Royal Jalan Karimata, Minggu malam (24/6).

Pemantaun dilakukan meskipun kehadiran pria yang akrab dipanggil Gus Ipul itu sebagai Wagub Jatim aktif, setelah cuti kampanye berakhir pada 23 Juni lalu.

Gus Ipul adalah calon petahana yang akan bersaing dengan Khofifah Indar Parawansa pada Pilkada 27 Juni 2018 mendatang memperebutkan kursi Gubernur Jawa Timur.

Sehingga sebagai langkah antisipasi Panwaslu Jember datang pada acara gelaran AKD itu, dan mengawasi segala aktifitas Gus Ipul pada acara tersebut.

Anggota Divisi Pengawasan dan Penindakan Panwaslu Jember, Andika Firmansyah yang datang langsung ke lokasi acara bersama anggota Panwascam setempat mengatakan pihaknya bermaksud untuk melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu.

"Karena dari undangan Halal bi Halal yang kami ketahui, sejak tanggal 24 (Juni) ini kan memasuki masa tenang kampanye. Jadi tidak ada kegiatan apapun yang bersifat kampanye," kata Andika kepada sejumlah media.

Kedatangan Andika ke lokasi untuk memastikan kegiatan para kepala desa tersebut tidak ada muatan kampanye. "Kami datang untuk memastikan, acara ini Halal bi Halal.  Itupun kita juga koordinasi dengan panitia, agar bapak Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul,  tidak memberikan sambutan," tandasnya.

"Karena meskipun masa cutinya habis per tanggal 23 (Juni) kemarin. Tapi (status) calon (gubernur) itu kan masih melekat. Sehingga kami (Panwaslu Jember),  bersama dengan Panwascam,  dan Kasat Intel Polres Jember,  datang untuk mengawasi acara Halal bi Halal itu,  agar tidak ada kemasan kampanye," lanjutnya.

Disisi lain Wagub Jatim Saifullah Yusuf,  atau yang akrab dipanggil Gus Ipul,  sangat mengapresiasi langkah antisipatif yang dilakukan Panwaslu Jember. 

Tindakan antisipasi yang dilakukan okeh Panwaslu Jember,  menurutnya,  merupakan tugas yang harus dilakukan.

"Panwas bagus dalam melaksanakan tugasnya. Kita terima dan tidak ada masalah.  Jadi kita hargai tugas Panwas. Apalagi acara ini bisa diketahui secara umum," tuturnya.

"Tapi tetap harus diketahui jelas konteks acaranya seperti apa, karena saya hanya datang saja sebagai undangan dari teman-teman AKD Jember, dalam kegiatan Halal bi Halal di sini," tambah Gus Ipul

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Wagub Saifullah Yusuf: Ciptakan Suasana Pilgub Aman dan Kondusif
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda