UniqMag

141 TPS di OKU Selatan Masuk Kategori Rawan

berita terkini
Komisioner KPU OKU Selatan Ade Putera Marthabaya.

OKU Selatan, (suaraindonesia.co.id)- Dari 790 TPS yang tersebar di 259 desa dan kelurahan serta 19 Kecamatan  di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan ada sebanyak 141 TPS yang masuk dalam kategori rawan . Sementara jumlah Daftar pemilih tetap (DPT) di OKU Selatan ada 258.804 jiwa

Salah satu indicator rawan  adalah TPS berada di wilayah yang membutuhkan waktu perjalanan lama karena jarak tempuh yang jauh, serta letak geografis TPS yang terdapat dipelosok-pelosok Kabupaten OKU Selatan.

Adanya ratusan TPS rawan ini dibenarkan oleh Komisioner KPU Divisi Teknisi Penyelenggaran KPU Ade Putera Marthabaya.

"Seperti Kecamatan Pulau Beringinn Sungai Are dan Sindang Danau kemudian juga Buay Runjung dan Runjung Agung dalam kategori rawan terhadap medan jarak tempuh serta letak geografis,"ujarnya

Walaupun lokasinya jauh di pelosok, Ade menegaskan untuk pendistribusian logistik pihak (KPU) tidak menemui kendala berarti semua logistik telah dikirim ke PPS. “Berdasarkan laporan terakhir hampir seluruh logistik telah disalurkan pada PPS yang direncanakan akan pindahkan ke KPPS pada sore hingga malam hari,”tegas Ade.

Sedangkan untuk mengatasi kendala terhadap medan serta letak geografis, KPU Provinsi  telah memberikan tambahan dana transport untuk daerah yang rawan serta menyiapkan angkutan di daerah perbatasan. Cara ini ditempuh agar c1 cepat diterima oleh KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. 

"Mengingat beberapa hari belakangan ini terjadi hujan terutama di sore hari maka saat pelaksanaan pilkada 27 Juni, sedangkan C1 harus dirangkum semua kita di scan di upload ke laman web untuk diketahui warga masyarakat, maka kita akan melakukan langkah taktis, ”kata Ade.

Menurut Ade pihaknya akan melakukan sistem jemput bola pada sejumlah daerah yang jauh, dengan menyiapkan tim dari KPU, Panwaslu dan pihak kepolisian untuk penjemputan di sejumlah area perbatasan.

Kita akan melakukan sistem jemput bola dengan pengawalan dari pihak Panwaslu dan kepolisian setempat,”pungka Ade.

Reporter : Sri Fitriyana
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis? Kodim Jakarta Barat Gelar Kursus Bahasa Inggris Rutin
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda