UniqMag

Tim PVMBG Bandung Tinjau Langsung Lokasi Banjir Banyuwangi

berita terkini
Ali Nurfatoni, Kades Sumberarum (tengah) bersama tim dari PVMBG Bandung sesaat hendak meninjau lokasi banjir

BANYUWANGI, (suaraindonesia.co.id) - Banjir bandang yang terjadi pada Jumat lalu memantik reaksi dari berbagai kalangan. Untuk kedua kalinya, tim dari Badan Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung turun untuk melakukan pengecekan di kawasan Sungai Badeng Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (26/6/2018).

Ada tiga petugas yang melakukan pengecekan di hulu Sungai Badeng yang hingga saat ini masih keruh tersebut. Rombongan dipimpin Kepala Bidang Mitigasi Pergerakan Tanah PVMBG Bandung, Agus Budianto.

Sebelum turun ke lokasi, rombongan menemui Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfatoni. Setelah berdiskusi, selanjutnya rombongan meninjau kawasan hulu sungai Badeng. "Tim rombongan dipandu para anggota tril adventure," ungkap Toni, sapaan akrab Ali Nurfatoni.

Dia mengatakan, bahwa petugas sengaja kembali datang untuk memastikan terkait dengan permasalah banjir yang terjadi. "Nanti hasilnya akan direkomendasikan," paparnya.

Dia menambahkan, sebetulnya tim tersebut telah memberikan rekomendasi saat turun ke pusat longsor beberapa waktu lalu. "Sebagian sudah dilakukan seperti sosialisasi kepada warga, tapi juga ada yang belum dilaksanakan," tandasnya.

Bagaimana hasilnya? Menurut dia, belum banyak yang disampaikan oleh petugas setelah melakukan pendataan di lapangan. Sebab, pengecekan hanya dilakukan di pinggiran hutan. "Tidak sampai di lokasi pusat longsor, karena waktu juga tidak nutut," bebernya.

Sedianya, tim PVMBG Bandung akan kembali melanjutkan pendataan pada Rabu. "Besok berangkat pagi, lebih jelasnya nanti bisa kontak langsung dengan petugasnya," seru Ali yang juga mantan aktifis PMII Banyuwangi tersebut.

Reporter : Windi Ashari
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis? Kodim Jakarta Barat Gelar Kursus Bahasa Inggris Rutin
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda