UniqMag

KPU Jember Sediakan TPS Mobile

berita terkini
Ilustrasi

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- Antisipasi adanya calon pemilih yang tidak dapat menyalurkan hak pilihnya karena berada di rumah sakit atau menjadi tahanan baik polres, polsek  , KPU Jember tetap sediakan TPS.

Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Parmas, Ahmad Hanafi menyampaikan pihak KPU Jember telah menyediakan TPS bergerak.

“Dari KPU untuk TPS bergerak tetap ada,” tegas Ahmad Hanafi, kemarin.

TPS bergerak atau TPS mobile ini disediakan untuk sejumlah masyarakat yang memang sedang tidak berada di rumahnya. TPS bergerak ini akan ditempatkan di setiap rumah sakit yang berada di Jember dan juga tahanan di Polres Jember.

“Ada petugas TPS di sekitar lokasi yang mendatangi tempat itu,” jelas Hanafi.

Bahkan untuk di rumah sakit terbesar di Jember, RSD Soebandi  KPU Jember menyiapkan dua hingga tiga TPS sekitar yang akan mendatangi lokasi. Sehingga masyarakat yang memiliki hak pilih ini bisa menyalurkan hak pilihnya dalam pilkada 27 Juni besok.

Namun kendalanya, menurut Hanafi pemilih tidak serta merta dapat mempergunakan hak pilihnya. Ada aturan jika memang pindah memilih, maka harus menggunakan form A5 yang dibawa dari TPS asal pemilih yang tercatat di DPT (daftar pemilih tetap).

“Jadi memang harus ada surat pindah memilih,” jelas Hanafi.

Pengurusan surat pindah harus diurus H-3 pilkada digelar. Dirinya menuturkan untuk hal ini pihaknya dan TPS setempat sudah berkoordinasi dengan pihak manajemen rumah sakit untuk memberitahukan kepada pasien dan keluarganya sejak jauh-jauh hari.

Diakuinya, pihaknya tentu tidak bisa kemudian seluruh penghuni rumah sakit bisa memberikan hak pilihnya dan harus mengurus form pindah memilih.

 

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Jelang Coblosan Pilgub, Pangdam VI Tinjau Wilayah Samarinda
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda