UniqMag

KNPI Kutim Akan Launching Gerakan Peduli Lingkungan Hidup 

berita terkini
Foto bersama Bupati dan Wabup dengan Direktur Pengelolaan Sampah Novrizal Tahar dan Tenaga Ahli Menteri KLHK Hendri Bastaman bersama jajaran PT KPC serta KNPI Kutim. (Ist)

KUTAI TIMUR, (suaraindonesia.co.id) – Gerakan peduli Lingkungan Hidup sekaligus Seminar Nasional yang rencana bakal dilaunching 11 Juli mendatang di sangatta Kutai Timur (Kutim). Bukan hanya disambut baik oleh Pemda saja, kegiatan garapan Komite Nasional Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Kutim ini, juga disambut baik oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

 

Hal ini terbukti saat Direktur Pengelolaan Sampah, Novrizal Tahar dan Tenaga Ahli Menteri KLHK Hendri Bastaman mengunjungi Kutim untuk meninjau kesiapan kegiatan yang rancananya bakal dilaunching langsung oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya. 

Rombongan disambut hangat Bupati Kutim, Ismunandar dan wakil Bupati Kasmidi Bulang diruang kerja Bupati Rabu (26/6/2018). Kunjungan tersebut dihadiri ketua KNPI Kutim, Munir Perdana beserta jajaran, General General Manager External Affairs & Sustainable Dev PT KPC Wawan Setiawan beserta jajaran serta kepala Dinas PU Kutim, Aswandini Eka Tirta. 

Ditemui usai menerima kunjungan, Bupati Ismunandar menjelaskan, kedatangan Direktur pengelolaan sampah dan Tenaga Ahli Menteri KLHK dalam rangka terkait bagaimana pengelolaan sampah di Kutim khususnya di Kota Sangatta melalui gerakan lingkungan hidup oleh KNPI. 

“Nantinya melalui gerakan peduli lingkungan hidup akan melibatkan 1.070 relawan yang disebarkan untuk membangun partisapasi masyarakat untuk mengatasi persoalan sampah di Kota kita,” ujar Ismu. 

Selanjutnya, Tenaga Ahli Menteri KLHK Hendri Bastaman menuturkan, gerakan ini, untuk menggembangkan Sangatta sebagai kota yang bersih lingkungan dengan mengelola sampah. Kerena hal ini adalah salah satu yang menjadi  priortas pemerintah bagaimana daerah juga melakukan pengelolaan sampah. Dirinya berharap semoga Sangatta bisa menjadi kota yang gerakan peduli sampahnya baik.

“Kegiatan ini lebih kepada gerakan penyadaran masyarakat pengurangan pada sampah dengan bekerjasma berbagai stakeholder, Pemda, dan Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan serta Semua lembaga yang mempunyai kepentingan dalam pengelolaan sampah,”pungkas Hendri.

Sementara itu, Ketua KNPI Munir Perdana mengungkapkan, kegiatan yang persiapannya kini mencapai 80 persen. Maka dari itu hadir Direktur dan Tenaga Ahli Menteri KLHK untuk meninjau kondisi dan proses kepanitiaan dan tes jalur yang akan dilalui menteri KLHK. Tentunya melalui gerakan ini Munir  berharap gerakan ini dapat berinbas di 17 kecamatan di Kutim.

"Gagasan ini adalah konsep dari pemuda KNPI yang ingin melihat Sangatta menjadi bersih dan hijau, dengan harapan target 2 sampai 3 tahun adipura yang selama ini didambakan bisa kita diraih,"ucap Munir. (hms10/Advetorial)

Reporter : Al Gazali
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Tengah Malam KPU Kutim Musnahkan Surat Suara Sisa
Berita Selanjutnya Mendagri Lantik Deputi BNPP Menjadi Penjabat Gubernur NTT

Komentar Anda