UniqMag

Sakit Tua, Kakek Dievakuasi dari Kolong Tol Warakas Jakarta Utara

berita terkini
P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Utara saat mengevakuasi kakek Bernadus dari kolong tol di kawasan Warakas, Jakarta Utara

JAKARTA, (suaraindonesia.co.id) – Seorang  kakek yang sakit-sakitan dan hidup sebatang kara dievakuasi petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Utara dari kolong tol dekat Jalan Warakas 5 Gang 3 RT006/RW08 Kelurahan Warakas Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Berdasarkan keterangan warga pria yang diketahui bernama Bernandus L AL Erdiansyah (65) telah cukup lama tinggal di bawah kolong tol tersebut.

"Saya mendapatkan laporan dari pengurus RT setempat kalo ada lansia telantar di kolong tol dengan kondisi sedang sakit dan tidak punya data dan keluarga," ujar Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Utara Widia, Kamis (28/6).

Pasca mendapatkan laporan dari masyarakat, Widia menjelaskan petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Utara segera menuju ke lokasi. Ketika tiba di lokasi, petugas mendapatinya dalam kondisi sangat lemah dan hanya mampu berbicara.

Karena dalam kondisi lemah dan tidak mampu berjalan, pihaknya melakukan kordinasi dengan Ambulans Gawat Darurat (AGD) melalui 112 untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta Utara agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Pak Bernadus tinggal di bawah tol ya sudah lama dari zaman banyak bangunan di bawah tol sampai gusuran kemarin. Menurut informasi RT setempat Pak Bernandus masa mudanya bekerja sebagai pelayar," kata Widia.

Masih menurut Widia, saat muda Bernadus menikah dengan seorang janda beranak tiga. Ketika istrinya meninggal, rumah yang sebelumnya ia tempati dijual oleh anak tirinya. Sedangkan anak tirinya pindah entah ke mana.

Kondisi ini membuat Bernadus telantar hingga akhirnya menetap di bawah kolong tol. Adapun untuk kebutuhan makan sehari-hari, Bernandus dibantu oleh seseorang. Orang tersebut peduli karena Beradus teman baik orang tuanya.

"Jadi untuk urusan makan tidak masalah. Tetapi semakin lama kesehatan Pak Bernandus semakin menurun sehingga tidak bisa menolong lagi. maka mereka melaporkannya ke Dinas Sosial," ujar Widia.

Saat ini Bernandus telah menjalani perawatan di rumah sakit. Pihak Dinas Sosial setempat akan memantau kondisi kesehatan Bernandus untuk memastikan dia kembali sehat dan bisa beraktifitas.

Bahkan jika Bernandus mau, Widia akan membawanya ke panti lansia milik Dinas Sosial DKI Jakarta.

Reporter : M.Solichin
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Angka Partisipasi Masyarakat Jember Pada Pilgub Jatim Rendah
Berita Selanjutnya Mendagri Lantik Deputi BNPP Menjadi Penjabat Gubernur NTT

Komentar Anda