UniqMag

Gunung Agung Meletus, BPBD Jember Bagikan Ribuan Masker

berita terkini
Petugas BPBD Jember saat membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan.

JEMBER, (suaraindonesia.co.id)- BPBD Kabupaten Jember bagikan ribuan masker kepada warga. Pembagian dilakukan beberapa titik wilayah kota Jember.

Pembagian masker ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dampak debu vukanik gunung Agung di Bali. Abu vulkanik Gunung Agung terbawa hingga ke wilayah Kabupaten Jember.

Plt Kepala BPBD Jember, Widi Prasetyo mengatakan abu terbawa angin yang mengarah ke barat pulau Bali, akibatnya wilayah Jember terdampak dan terjadi hujan abu.

“Akibat erupsi gunung Agung sangat terasa sekali. Debu bisa dilihat di kap mobil itu cukup tebal,” kata Widi.

“Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Jawa Timur, hembusan angin ke arah barat,”lanjutnya.

Agar kesehatan masyarakat tidak terganggu pihak BPBD membagikan sekitar 5000 lembar masker.

“Sebagai langkah antisipasi sekaligus kampanye agar masyarakat menggunakan masker, kawan-kawan  BPBD Jember membagikan 5000 lembar masker. Ada 25 ribu yang kita siapkan,” lanjutnya.

Salah satu titik pembagian masker berada di perempatan jalan Kalimantan, Jember di depan kantor DPRD.

Selain membagikan masker, Widi juga menghimbau agar masyarakat selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan.

“Agar tidak mengganggu kesehatan  karena abu vulkanik berbahaya sekali untuk kesehatan kita, , maka saya mengimbau agar masyarakat menggunakan masker saat beraktifitas diluar ruangan, “imbaunya.

Seperti diketahui Gunung Agung, hari Kamis kemarin (28/6) Gunung Agung kembali erupsi sekitar pukul 17.25 WITA dengan memuntahkan debu dan asap vulkanik.

Akibat debu letusan Gunung Agung, Bandara Notohadinegoro Jember dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi juga ditutup sementara.

 

 

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Warga Desa Rantau Tenang Sorolangun Dihebohkan Dengan Penemuan Ular Piton
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda