UniqMag

Bandara Notohadinegoro Jember Ditutup Sementara

berita terkini
Citra satelit arah angin yang membawa abu Gunung Agung Bali

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) - Asap dan abu vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali yang erupsi hari Kamis sore (28/6) kemarin,terus menyebar terbawa angin menuju ke arah barat dan barat daya hingga sampai ke wilayah Kabupaten Jember. Akibatnya Bandara Notohadinegoro ditutup sementara

“Kami menerima Notice to Airmen (Notam) untuk penutupan Bandara Notohadinegoro sejak pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sehingga hari ini tidak ada aktivitas penerbangan komersial,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Notohadinegoro, Edy Purnomo, Jumat (29/6).

Penutupan bandara ini membuat dua maskapai yang selama ini melayani penerbangan dari dan menuju Bandara Notohadinegoro, yakni Garuda Indonesia dan Wings Air. Tidak dapat melakukan pelayanan kepada calon penumpangnya.

Seluruh operasional pesawat komersial Garuda Indonesia dan Wings Air rute Jember-Surabaya maupun sebaliknya, dibatalkan.

“Kami tidak tahu apakah besok bandara dibuka atau tidak. Kami terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak seperti pihak Kementerian Perhubungan dan AirNav terkait dengan aktivitas Gunung Agung di Bali,” ungkapnya.

Banyak calon penumpang yang sudah tiba di Bandara Notohadinegoro, akhirnya gagal berangkat. Mereka mengaku tidak tahu, kalau bandara yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung itu ditutup.

Menurut salah seorang calon penumpang, Wawan Suharto (26), dirinya tidak mengetahui adanya penutupan bandara tersebut. Wawan tahu jika Gunung Agung meletus dari media. 

“Tahunya ya ketika sudah tiba di bandara ini. Sebelumnya tidak tahu. Saya kira tidak berpengaruh pada penerbangan,” kata Wawan.

Karena bandara ditutup Wawan akhirnya menggagalkan kepergiannya ke Surabaya.

" Ya mas nunggu besok kalau besok bandara sudah dibuka lagi,"pungkasnya.

 

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Pamekasan Ludes DiLalap Api
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda