UniqMag

KPU Buka Pendaftaran Bacaleg 4 Juli Besok

berita terkini
Petugas KPU Jember saat mempersiapkan tempat pendaftaran bacaleg Pileg 2019.

JEMBER, (suaraindonesia.co.id) – Pekan ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari partai peserta pemilu 2019. Pendaftaran bacaleg akan di mulai tanggal 4 hingga 17 Juli mendatang. Pendaftaran akan dilakukan langsung oleh pimpinan partai politik, yang resmi ditetapkan oleh KPU RI.

Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Parmas, Ahmad Hanafi, menyampaikan hal tersebut kepada sejumlah media, Senin (2/7).

“Pendaftaran itu kita buka sejak tanggal 4 Juli mendatang, hingga 17 Juli. Untuk pendaftarannya bisa dilakukan pada jam kerja mulai jam 8 pagi, dan penutupannya terakhir tanggal 17 Juli jam 00 (12 malam),” ujar

 

“Calon-calon itu tidak perlu datang langsung ke kantor KPU, tetapi yang melakukan pendaftaran, partai politik. Jadi kelengkapan syarat, sudah dilengkapi oleh partai politik masing-masing,” lanjutnya.

Sedangkan para bacaleg dapat melengkapi syarat dengan menggunakan sistem informasi pencalonan (Silon) secara daring (online) untuk proses melengkapi persyaratan dari para bacaleg tersebut.

“Jadi nantinya para bacaleg itu, mengupload (mengunggah, red) kelengkapan administrasi yang harus dilengkapi. Melalui silon, setelah masuk secara manual juga diserahkan kepada kita,” jelasnya.

Untuk itu masing-masing bacaleg sudah memiliki username masing-masing, sedangkan untuk yang bertugas mengupload, jika bacaleg daerah, dilakukan oleh pengurus partai kabupaten/kota.

”Bacaleg provinsi oleh pengurus wilayah (provinsi), dan untuk tingkat nasional, oleh pengurus partau di tingkat pusat,” sambungnya.

Untuk kelengkapan yang harus diunggah, sebutnya, yakni terkait persyaratan seperti, laporan tentang harta kekayaan dan bebas narkotika.

 “Juga harus sesuai aturan batas umur minimal, ijazah terakhir minimal SMA, bebas narkoba, SKCK dari kepolisian, dan kemudian sehat jasmani dan rohani,” sebutnya.

Hanafi juga menjelaskan, untuk pemeriksaan kesehatan bakal calon legislatif, untuk keterangan sehat jasmani dan rohani maupun bebas narkoba, hanya bisa dilakukan di RSD dr. soebandi.

“Kita sudah berkoordinasi dengan RS Dr. Soebandi, untuk sedapat mungkin melakukan proses pemeriksaan kesehatan tersebut, agar sesuai denga target waktu yang ditentukan,” tuturnya.

 

Reporter : Rio Christiawan
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Pencuri Spesialis Kamar Kos di Jakarta Dibekuk Polisi
Berita Selanjutnya Partai Nasdem OKI Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

Komentar Anda