UniqMag

Agiel: Sangatta Selatan Butuh Ketegasan Pemkab Kutim

berita terkini
Agiel Suwarno Ketua Komisi A DPRD Kutim

KUTAI TIMUR, (Suaraindonesia.co.id) - Ketua Komisi A DPRD Kutai Timur (Kutim), Agiel Suwarno menuturkan perlunya respon cepat dari Pemkab guna menyelesaikan masalah lahan yang sampai saat ini masih menghimpit masyarakat Kecamatan Sangatta Selatan. Hal tersebut disampaiakn langsung kepada www.suaraindonesia.co.id di kediamannya Senin, (2/7/2018) kemarin.

Menurutnya, program dari pusat seperti PRONA ataupun PTSL yang memang merupakan program sertifikasi lahan dari pemerintah pusat masih belum bisa dinikmati warga Sangatta Selatan. dikarenakan setelah penetapan sebagian wilayah Sangatta Selatan dari status Taman Nasional Kutai (TNK) menjadi Area Penggunaan Lain (APL) sesuai SK Kemenhut Nomor 718 tahun 2014, dengan luasan 7.186 hektar dari usulan 24 ribu hektar, Pemda Kutim sendiri belum selesai menentukan dan mengesahkan batas batas wilayah dari Kecamatan Sangatta Selatan.

"Seharusnya Pemkab harus lebih fokus dan memprioritaskan hal ini untuk kemajuan wilayah Sangatta Selatan," ucapnya.

Dia juga menambahkan kurang sigapnya Pemkab dalam menangani permasalahan ini mengakibatkan program dari Pemerintah Pusat seperti Prona ataupun PTSL, yang merupakan program sertifikasi tanah gratis bagi warga yang kurang mampu belum bisa dirasakan oleh warga Sangatta Selatan. Padahal menurutnya, program ini bisa membantu untuk mengembangkan potensi dan perekonomian daerah Sangatta Selatan.

"Kalau batas dan lokasinya aja belum dipastikan dan disahkan, jangankan program pemerintah pusat untuk sertifikasi, warga mau ngurus surat segel aja sulit, karena tanahnya aja masih belum jelas statusnya," ucapnya. (Qiqi)

Reporter : Muhammad
Editor : Anam Fanani
Berita Sebelumnya Diamuk Api... Puluhan Rumah Warga di Jalan Gajah Mada Kutim Ludes Terbakar
Berita Selanjutnya Polres Jember Periksa Nahkoda dan ABK Kapal Joko Berek

Komentar Anda