UniqMag

Banyuwangi Dapat Kiriman Abu Vulkanik Gunung Agung

berita terkini
Citra satelit sebaran abu vulkanik Gunung Agung Bali.

BANYUWANGI, (suaraindonesia.co.id)-Hujan abu vulkanik Gunung Agung, Bali sudah terasa di wilayah Banyuwangi. Abu vulkanik yang terbawa angin ke arah barat daya menyebabkan sejumlah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi mengalami hujan abu.

Warga di Kecamatan Blimbingsari, Rogojampi, Kabat, Banyuwangi Kota, Giri, Kalipuro, Glagah,  Licin, Singojuruh dan Sempu mengaku teras rumahnya sudah dikotori abu vulkanik pagi ini (3/7).

Seperti pengakuan Untung Santosa, warga Desa Banjar, Kecamatan Licin. Menurutnya, pagi-pagi di sekitar rumahnya sudah turun hujan abu vulkanik. Saat menyapu lantai teras rumah,  abu vulkanik tampak mengotori ubin keramik.

Begitu juga pengakuan Sigit, warga Perumahan Villa Bukit Mas Banyuwangi. Teras rumahnya juga dikotori abu vulkanik saat disapu sekitar pukul 07.00 WIB.

Reny, warga Perumahan Griya Giri Mulya Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro mengaku sepeda motornya yang diparkir di samping rumah terselimuti abu vulkanik. “Ada abu tipis di seluruh bodi dan jok sepeda motor,” tuturnya.

Sementara itu, informasi dari Pusdalops BPBD  Jawa Timur pada pukul 05.50 WIB menyebutkan, dampak hujan abu vulkanik Gunung Agung menyebabkan bandara Banyuwangi dan Notohadinegoro ditutup sementara .

Sumber Airnav Indonesia menyatakan Bandara Banyuwangi (BWX) tutup hingga pukul 09.00 WIB. Penutupan sementara juga terjadi di Bandara Notohadinegoro Jember.

Informasi yang diterima dari pihak Bandara Banyuwangi, kondisi keamanan penerbangan akan terus dievaluasi untuk memutuskan dibuka atau  tetap ditutupnya bandara.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banyuwangi Sunoto mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker saat mengendarai sepeda motor atau berada di luar rumah.

“Untuk menghindari masuknya abu vulkanik ke dalam saluran pernafasan, masyarakat Banyuwangi yang terdampak hujan abu vulkanik Gunung Agung kami imbau mengenakan masker saat berada di luar rumah,” katanya.

Reporter : Windi Ashari
Editor : Farhan Jordan
Berita Sebelumnya Terbakar Habis, Rumah Warga di Bantaran Sungai Sangatta Rata dengan Tanah
Berita Selanjutnya Pastikan Keamanan, TB2 di Uji di Pantai Aquatik, Kutim

Komentar Anda